*

*

Ads

Senin, 15 April 2019

Pendekar Bodoh Jilid 007

Tadinya Kwee Tiong sudah sambat, bahkan tanpa malu-malu lagi ia mengeluarkan kata-kata,

“Cin Hai… lepaskan aku… ampun, Cin Hai…” tetapi yang agaknya tidak terdengar oleh Cin Hai.

Kini merasa betapa cengkeraman Cin Hai mengendur, kesempatan ini tak disia-siakan oleh Kwee Tiong yang segera merenggut tangan Cin Hai itu dan meloncat berdiri.

“Bangsat! Anjing! Pengecut hina, kau berlaku curang!”

Kwee Tiong memaki-maki sambil gunakan kedua kakinya menendang-nendang tubuh Cin Hai. Tapi anak gundul ini sama sekali tidak bergerak dan tidak mengeluh.

“Tahan, Twako, ia… ia… mati!” tiba-tiba Kwee An berseru sambil loncat berlutut.

“Hahh?? Mati…??”

Kwee Tiong terkejut sekali dan wajahnya berubah pucat seketika itu juga. Juga adik-adiknya yang tadi ikut memaki-maki menjadi terkejut sekali dan beramai-ramai mereka berlutut untuk melihat dan memeriksa tubuh Cin Hai.

Sebetulnya Cin Hai hanya pingsan saja tetapi karena banyak mengeluarkan darah dan perutnya kosong, maka mukanya nampak pucat sekali seperti mayat. Pada saat itu terdengar teriakan kaget dan semua anak-anak itu makin terkejut karena yang datang bukan lain ialah Loan Nio bibi Cin Hai!

Ketika datang ke situ, Loan Nio menyangka bahwa kemenakannya itu telah mati, maka ia berteriak kaget. Dua orang pelayan lalu diperintahkan untuk mengangkat tubuh anak itu ke dalam kamar, sedangkan Loan Nio memarahi kelima saudara Kwee.

“An-ji, coba kau ceritakan, apakah yang telah terjadi tadi?”

Loan Nio atau Kwee-hujin itu sengaja bertanya kepada Kwee An, karena dia yang telah mengenal perangai semua anak-anak itu sejak kecil, tahu bahwa hanya Kwee An yang boleh ia percaya.

“Cin Hai telah berkelahi dengan Eng-ko Tiong,” kata Kwee An terus terang, lalu ia menceritakan tentang sebab-sebab perkelahian, yakni bahwa mereka marah sekali karena menganggap bahwa Cin Hai yang menjadi biang keladi lenyapnya Lin Lin.

Loan Nio menghela napas, lalu berkata dengan suara keren,
“Anak-anak, memang perbuatan Cin Hai mengajak Lin Lin ke hutan itu adalah sangat lancang dan tidak baik. Seharusnya ia memberi tahu dulu kepada orang tua. Tetapi kurasa Cin Hai sudah cukup terhukum apalagi kalau diingat bahwa dia biarpun kecil juga telah membela Lin Lin hingga terpukul oleh penculik, maka kalian seharusnya dapat memaafkannya. Pula peristiwa telah terjadi, Lin Lin masih belum ketemu, sekarang kalian tambahi kepusingan orang-orang tua dengan perkelahian-perkelahian itu. Sungguh tidak baik sekali!”

Pada saat itu Kwee In Liang kembali dari pengejarannya kepada penculik itu. Wajahnya muram dan tampak lelah sekali.

“Bagaimana, terdapatkah?” Kwee-hujin bertanya dengan muka cemas.

Kwee-ciangkun menggeleng-geleng kepala dan menghela napas, nampaknya susah sekali. Kemudian melihat anak-anaknya yang berada di situ seperti orang ketakutan.

“Anak-anak ini sedang bekerja apa disini? Mengapa tidak berada di kamar dan belajar?”

Terpaksa Loan Nio yang tak pernah membohong segera menceritakan bahwa ia baru saja menegur mereka karena berkelahi dan mengeroyok Cin Hai sehingga anak itu jatuh pingsan.

Muka Kwee In Liang makin muram mendengar ini, lalu ia membentak mereka supaya pergi ke kamar masing-masing. Melihat kemarahan dan kesedihan suaminya, dengan manis budi Loan Nio mencoba menghiburnya. Tetapi ayah yang kehilangan anak kesayangannya itu hanya menggunakan kedua tangan menutupi mukanya dan berkali-kali menghela napas.

“Tadi aku mendengar bahwa Biauw Suthai yang menculik Lin Lin adalah seorang wanita gagah dan tokoh yang ternama sekali, maka kurasa pertapa wanita itu tidak mempunyai maksud buruk. Barangkali dia memang benar-benar suka kepada Lin Lin dan hanya bermaksud menurunkan ilmu silatnya dan segala kepandaiannya kepada anak kita.” Kwee hujin menghibur.






Setelah menghela napas berulang-ulang Kwee In Liang hanya menjawab perlahan,
“Mudah-mudahan begitu. Karena kalau sampai siluman wanita itu berani mengganggu selembar rambut saja dari anakku, harus ia ganti dengan selembar jiwanya!”

Dan panglima gagah ini mengertak-ngertak gigi dan mengepal-ngepal tinju tangannya, sedangkan kedua matanya mengeluarkan sinar mengancam.

Isterinya lalu menghiburnya lagi dan mengajak suaminya yang bersedih itu masuk ke dalam gedung karena di luar telah mulai gelap. Malam itu keadaan di gedung keluarga Kwee sunyi saja. Biasanya pada malam hari terdengar suara anak-anak menghafal sastera mereka, tetapi malam ini sengaja dilarang mengeluarkan suara keras. Sore-sore Kwee Tiong dan keempat adiknya telah pergi tidur sambil membicarakan Cin Hai dengan suara berbisik.

Cin Hai sendiri berbaring terlentang dengan mata terbelalak memandang ke langit-langit kamar dan pikirannya melamun jauh sekali. Tubuhnya masih terasa sakit, tapi hatinya telah terhibur karena tadi bibinya datang dan menghiburnya, serta memerintahkan pelayan untuk menyediakan makan, bahkan dengan kedua tangannya sendiri bibi yang baik itu membaluri seluruh tubuhnya yang bengkak-bengkak dan matang biru dengan minyak gosok.

Ketika tadi bibinya menggosok-gosok badannya dengan minyak gosok, ia merasa terharu dan diam-diam air matanya mengalir di kedua pipinya.

“Ie-ie, sebenarnya di manakah kedua orang tuaku?” tanyanya perlahan.

Tangan bibinya yang menggosok-gosok puggungnya itu tiba-tiba menggigil dan untuk sesaat berhenti menggosok, tapi lalu terdengar jawabannya,

“Anak, mengapa kau berkali-kali tanyakan hal ini? Bukankah sudah kuberitahukan padamu bahwa kedua orang tuamu telah kembali ke alam baka?”

“Tetapi di manakah makam mereka, ie-ie? Aku ingin sekali mengunjungi makam orang tuaku.”

“Aku tidak tahu, Cin Hai.”

“Mengapa kau tidak tahu ie-ie, bukankah kau adik mendiang ibuku?”

“Sudah berapa kali kukatakan, bahwa aku tidak tahu, Cin Hai! Sudahlah, jangan kau mendesak terus. Kau harus mengaso, aku akan kembali ke kamar, ie-thiomu masih sangat bersedih.”

Nyonya muda itu lalu mengelus-elus kepala kemenakannya, kemudian meninggalkan kamar itu. Tetapi sebelum melangkah ke luar pintu, Cin Hai menegur,

“Ie-ie yang baik!” Nyonya muda itu berhenti lalu menengok dan Cin Hai melihat betapa Ie-ienya telah mengalirkan air mata!

“Setidak-tidaknya beritahukan padaku siapa nama dan she Ayahku!”

“Kau she Kwee juga, bukankah sudah pernah kuberitahukan padamu?”

“She… Kwee…? Ah, tak mungkin… ah, mengapa kau membohong Ie-ie yang baik? Aku bukan she Kwee…”

Tapi Ie-ienya telah melangkah keluar dari pintu dan Cin Hai mendengar suara sandal bibinya itu makin menjauhi kamarnya.

Demikianlah, setelah bibinya pergi, sampai jauh malam Cin Hai tak dapat meramkan matanya. Bibinya telah membohong padanya ketika menerangkan bahwa ia she Kwee! Juga bibinya telah membohong ketika bilang bahwa ia tidak mengetahui makam kedua orang tuanya.

Ia dapat merasakan kebohongan itu, karena setiap kali bibinya diajak bicara tentang hal kedua orang tuanya, selalu nyonya muda itu tiba-tiba menjadi sedih dan gelisah, dan jawabannya selalu ragu-ragu. Aku harus mencari kedua orang tuaku, aku harus tahu siapa sebenarnya diriku ini.

Cin Hai turun dari pembaringan dengan maksud hendak pergi ke kamar bibinya dan mendesak keterangan dan penjelasan-penjelasan. Ia sengaja menanggalkan sepatu agar tindakan kakinya tidak menerbitkan suara dan mengagetkan atau membangunkan orang lain dari tidurnya.

Ketika sudah tiba dekat kamar bibinya tiba-tiba ia mendengar suara bibinya terisak menangis dan suara pamannya yang besar itu seakan-akan sedang memarahi bibinya, Cin Hai bergerak hati-hati sekali ke arah kamar yang masih terang karena lampu di dalam belum dipadamkan. Ia mendekati jendela dan mengintai.

Ternyata bibinya sedang duduk di pembaringan sambil menutup muka dengan selampai, menahan tangis. Pamannya berjalan mondar-mandir di dalam kamar itu.

“Ayahnya yang berdosa, dan Ayah serta seluruh keluarganya telah menebus dosa itu dan semua dihukum penggal leher. Sekarang janganlah kau ikut-ikutkan anaknya yang tak berdosa apa-apa.” Nyonya muda itu berkata sambil menangis.

“Kau kira aku manusia berhati sekejam itu? Kalau aku kejam, apakah aku memperbolehkan anak pemberontak itu berdiam di rumahku sampai bertahun-tahun? Pemberontak she Sie yang menjadi iparmu itu telah dihukum mati berikut semua keluarganya, dan aku sama sekali tiada sangkut-paut dengan perkara itu.”

“Tiada sangkut-paut, hanya engkaulah yang menangkap mereka semua,” kata Loan Nio.

“Apa salahnya? Bukanklah itu sudah menjadi kewajibanku? Jangankan orang she Sie itu yang tiada hubungan apa-apa dengan aku, biarpun andaikata adikku sendiri yang menjadi pemberontak, tentu aku akan menangkapnya. Inilah jiwa seorang gagah. Harus kau ingat bahwa yang tiap hari kita makan dan pakaian yang tiap hari kita pakai ini adalah hasilku mengabdi kepada raja. Apakah aku hanya boleh menerima hasil saja tanpa memenuhi kewajiban? Pula, bukan aku yang ingin dia dihukum, tetapi perintah atasan. Tugas tetap tugas, perasaan pribadi jangan dibawa-bawa!”

Agaknya panglima itu marah betul karena terdorong kesedihan hatinya kehilangan Lin Lin.

Hening sejenak kecuali isak Loan Nio dan elahan napas Kwee In Liang, kemudian terdengar nyonya muda itu berkata agak sabar,

“Aku tahu semua itu, dan aku tidak salahkan kau. Hanya mengenai anak ini, Cin Hai yang malang… kau berlakulah murah hati sekali.”

“Istriku, betapapun juga kau pertimbangkanlah baik-baik. Engkau lebih sayang Cin Hai daripada suamimu? Aku benci Cin Hai, juga aku tidak menghubungkan dia dengan orang tuanya. Akan tetapi, semenjak Lin Lin hilang… (sampai di sini suaranya sember dan sedih)… aku tak tahan melihat muka Cin Hai lagi. Betapapun juga, Lin Lin diculik orang karena ikut pergi dengan Cin Hai! Perasaan ini takkan pernah hilang dari hatiku yang menuduh dan mempersalahkannya, maka tidak baik kiranya kalau anak itu berada di depan mataku. Tidak baik untuknya dan tidak baik untukku sendiri. Dia harus pergi dari sini, titipkanlah kepada keluarga lain…”

Semenjak tadi, di luar Jendela Cin Hai mendengar dengan air mata turun bagaikan hujan membasahi kedua pipinya.

Orang tuanya, semua keluarganya, mendapat hukuman penggal kepala! Alangkah hebatnya! Ayahnya yang she Sie itu disebut-sebut sebagai pemberontak! Apakah pemberontak? Perasaannya yang terasa perih itu makin hancur mendengar betapa bibinya sampai bertengkar dengan Ie-thionya karena dia! Pula, hatinya sakit sekali mendengar betapa ie-thionya membencinya karena hilangnya Lin Lin dan ie-thionya telah mengambil keputusan supaya ia pergi dari situ!

Cin Hai menggigit bibirnya yang tadinya mewek menangis itu. Timbul perasaan angkuh di dalam kepalanya yang gundul. Orang tak menghendaki dia di situ, untuk apa menanti lebih lama lagi? Ia tak perlu minta-minta ampun dan mohon agar diperkenankan tinggal terus di situ. Ia harus pergi karena ia bukan keluarga Kwee! Hanya ie-ienyalah yang menahan ia berada di tempat itu selama ini karena ia amat mencinta ie-ienya yang berbudi baik itu.

Dengan pikiran kacau balau, Cin Hai lalu pergi dari situ dan dengan hati-hati sekali ia hendak keluar dan minggat dari gedung keluarga Kwee. Ia benci sekali kepada Kwee In Liang, karena dari mulut pamannya itu sendiri ia mendengar bahwa yang menangkap orang tuanya adalah pamannya itu sendiri.

Ia memasuki kamarnya dan mengambil semua-pakaiannya lalu dibuntal, tetapi tiba-tiba ia teringat akan kata-kata pamannya tadi yang menyatakan bahwa semua pakaian yang dipakai adalah hasil pengabdiannya kepada raja! Dan karena pengabdian kepada raja itulah yang memaksa pamannya itu menangkap dan membasmi seluruh keluarga Sie.

Tiba-tiba timbullah rasa jijik dan bencinya kepada semua pakaiannya dan dilemparkannya buntalan itu jauh-jauh dengan perasaan jijik. Ia takkan membawa pakaian pemberian pamannya. Lalu ia teringat akan pakaiannya sendiri, yang dipakainya ini pun pakaian pemberian bibinya yang berarti pemberian pamannya pula!






Tidak ada komentar :