*

*

Ads

Minggu, 14 April 2019

Pendekar Bodoh Jilid 004

Guru Cin Hai yang kurus kering itu adalah seorang she Kui. Setelah mengalami peristiwa aneh yang menyeramkan di luar kuil tempat ia mengajar itu, ia lari ke gedung Kwee-ciangkun sambil menarik tangan muridnya bagaikan dikejar setan. Ia tak mempedulikan celananya yang telah menjadi basah karena tak tahan lagi saking kagetnya ketika melihat orang-orang aneh itu bertempur, dan melihat ular-ular yang mengerikan itu.

Ketika memasuki pekarangan gedung keluarga Kwee, mereka bertemu dengan Kwee Tiong.

“Eh, Kui-sianseng, mengapa kau lari-lari seperti maling dikejar?” tanya anak itu.

“Twa-kongcu (Tuan Muda Terbesar)… celaka… ada… ada… siluman…” jawab kakek kurus kering itu gagap.

Kwee Tiong terbelalak memandang.
“Apa katamu? Siluman?”

Cin Hai memotong,
“Ya, siluman menyeramkan sekali. Beginilah macamnya…” ia lalu menggunakan kedua tangan untuk menarik mata dan mulutnya sambil mengeluarkan suara “hii… hii… hi…”

Kwee Tiong menggerakkan hidungnya ke atas mengejek,
“Ah, betapapun buruknya, kukira siluman itu tidak lebih buruk daripada mukamu!”

Cin Hai hanya tertawa ha-ha-hi-hi dan ia menurut saja ketika gurunya terus menarik tangannya dibawa ke dalam gedung menghadap bibinya.

Tentu saja nona muda itu terkejut melihat kedatangan mereka yang tidak seperti biasanya, apalagi melihat muka Kui-sianseng itu pucat dan tubuhnya gemetar.

“Eh, Kui-sianseng, mengapa masih begini, siang sudah pulang? Apakah yang terjadi? Cin Hai, apakah kau berlaku nakal tadi?” Cin Hai tersenyum kepada bibinya dan menggelengkan kepala.

“Maaf… saya… saya tidak sanggup mengajar di kuil itu… ada… siluman…” Kui-sianseng itu masih saja gugup, bingung dan takut.

“Sabarlah, Kui-sianseng, sebetulnya apakah yang telah terjadi?”

Dengan suara terputus-putus, sasterawan tua kurus kering itu lalu menceritakan segala peristiwa yang dilihatnya tadi dengan ditambahi bumbu-bumbu yang timbul dari khayalan pikirannya yang penuh kepercayaan tahyul hingga Cin Hai tertawa geli.

Akhirnya tanpa dapat ditahan lagi, guru yang hafal segala ujar-ujar dan filsafat semua nabi tapi yang satu pun tak pernah terbukti dalam segala perbuatannya itu lalu berpamit dan minta berhenti, kemudian pergi dari situ.

Kalau tidak takut kepada bibinya, tentu Cin Hai bersorak karena girang hati bahwa akhirnya ia terlepas jua dari siksaan dan godaan guru she Kui yang memaksa ia “makan” segala ujar-ujar di dalam buku-buku tebal itu secara bulat-bulat!

Nyonya muda itu menghela napas.
“Cin Hai, mengapa nasibmu begini buruk? Agaknya tidak ada seorang guru yang suka mengajarimu, habis bagaimanakah dan kau akan menjadi apakah kelak? Biarlah, mulai sekarang, aku sendiri akan mengajarmu membaca dan menulis, tapi pengertianku dalam hal ini juga tidak sangat banyak. Apakah terpaksa aku harus memberi pelajaran menjahit dan menyulam padamu?”

Cin Hai menggunakan tangan kiri untuk menutup mulutnya agar tidak tertawa geli. Ia belajar menyulam? Tapi ia menjawab,

“Ie-ie, kalau memang kau anggap perlu, boleh saja aku belajar menjahit dan menyulam.”

Bibinya melerok.
“Anak tolol, masak anak lelaki belajar menyulam?”

“Ie-ie, mengapa semua orang menyebutku bodoh dan tolol, bahkan ie-ie sendiri juga menyebutku tolol? Apakah benar-benar aku tolol? Ah… tentu saja aku bodoh dan tolol, kalau tidak masak semua guru membenciku.” Bibinya menjadi terharu dan menariknya dekat-dekat.






“Tidak, Cin Hai, kau tidak bodoh, asal saja kau mau rajin-rajin belajar.” Nyonya muda yang murah hati itu mengelus-elus kepala Cin Hai yang gundul plontos.

“Itulah sukarnya, ie-ie, terus terang saja, aku lebih suka belajar silat dan meniup suling.”

“Anak tolol…”

Cin Hai mengangkat telunjuk ke atas.
“Nah, nah, lagi-lagi aku disebut tolol!”

“Sudahlah, aku lupa. Kau tidak boleh berkata demikian, Cin Hai. Kau harus belajar ilmu surat agar kelak menjadi seorang pandai yang memegang jabatan penting dan menjadi seorang pembesar. Alangkah akan bangga dan senangnya hatiku kelak bila kau bisa menjadi seorang pembesar yang dihormati orang!”

Sampai di sini suara nyonya muda itu terdengar parau karena keharuan hatinya membuat ia terisak.

Cin Hai memegang tangan bibinya,
“Hatimu mulia sekali, ie-ie. Baiklah, aku akan belajar ilmu membaca dan menulis dari le-ie sendiri. Tapi, sekarang aku teringat bahwa sulingku telah lenyap dan aku harus membuat lagi sebuah. Di hutan sebelah utara kota ada tumbuh bambu-bambu kuning gading yang kecil dan dapat dibuat suling. Bolehkan aku ke sana, ie-ie?”

“Baru saja datang mau pergi lagi! Bagaimana kalau le-thiomu sewaktu-waktu bertanya tentang kau?”

“Kalau le-thio (Paman, suami Bibi) bertanya beritahukan saja, ie-ie, dan lagi, untuk apa le-thio menanyakan aku? Belum pernah ia mempedulikan aku!”

“Kau suka benar akan suling, Cin Hai?” tanya ie-ienya.

“Ie-ie, suling adalah satu-satunya kawan baikku. Kalau aku hendak menyatakan segala perasaan hatiku, aku nyatakan kepada seorang kawan baikku, sedangkan aku tidak… ya, kecuali kau, aku tidak mempunyai kawan baik lagi selain suling bambu yang dapat kutiup-tiup sesuka hatiku…”

Nyonya muda itu menghela napas dan menggunakan saputangan untuk menahan air matanya.

“Pergilah, Cin Hai. Buatlah sulingmu tapi jangan terlalu lama di hutan.”

Cin Hai dengan girang hati lalu berlari-lari keluar.

“Engko Hai. Kau mau ke mana?” tiba-tiba terdengar suara halus menegur dari sebelah kiri dan seorang anak perempuan muncul dengan rambutnya yang di kuncir bergantungan di kanan-kiri lehernya.

“Eh, Lin Lin! Sampai kaget aku. Kau tahu, setelah bertemu dengan para siluman dan setan itu, aku menjadi mudah kaget! Kukira kau siluman yang tadi!”

Anak perempuan itu mencibirkan mulutnya yang kecil manis, tapi matanya yang lebar terbelalak, tanda bahwa ia tertarik sekali.

“Apa? Kau tadi melihat siluman? Di mana, bagaimana?” tanyanya ingin tahu sekali.

“Ah, nanti saja lain kali kuceritakan. Sekarang aku mau pergi.”

“Engko Hai, kau mau ke manakah?”

“Mau ke hutan di sebelah utara itu mencari bambu.”

“Aneh benar, itu di belakang kan banyak bambu, mengapa mesti mencari jauh-jauh?”

“Ah, kau tahu apa? Bambu yang kucari ini adalah bambu untuk suling.”

“Engko Hai, aku ikut! Nanti di jalan kau ceritakan tentang siluman itu.”

“Jangan!”

“Aku mau! Aku tidak minta kau gendong, aku jalan dengan kaki sendiri!” anak perempuan itu berkeras hingga dengan muka “apa boleh buat”, Cin Hai lalu bertindak keluar, diikuti oleh Lin Lin yang sementara itu telah mengeluarkan topi kakeknya dan memakainya hingga dari belakang dan dari jauh ia kelihatan seperti seorang laki-laki. Memang anak dari Kwee-ciangkun sangat dimanja dan bebas hingga boleh pergi ke mana mereka suka tanpa ada yang berani mencegah.

Kedua anak itu berjalan dengan tindakan yang pendek-pendek tapi cepat menuju ke jalan yang kecil. Jalan itu mengarah ke utara, menuju ke luar kota dimana terdapat sebuah hutan besar juga.

Di sepanjang jalan Cin Hai bercerita tentang pengalamannya siang tadi, dan ia menambahkan betapa dengan suara sulingnya ia mengusir semua ular siluman! Ia menambah-nambahi ceritanya dan menonjolkan diri sendiri sebagai jagoan hingga Lin Lin memandang padanya dengan matanya yang bagus itu setengah percaya dan kagum!

Memang di antara anak-ahak Kwee-ciangkun, yang tidak membenci kepada Cin Hai hanya Lin Lin seorang. Ini bukan berarti Lin Lin suka kepada Cin Hai, karena kalau mereka berdua dekat, sering mereka berbantah dan bercekcok membawa mau sendiri, tapi tidak sampai saling pukul atau saling membenci.

Lin Lin memang sejak kecil telah memiliki sifat peramah dan suka bergaul serta mempunyai perangai yang halus. Pula anak ini sangat cerdas dan mempunyai bakat dalam ilmu silat hingga pada saat itu biarpun usianya belum lebih dari lima tahun, ia telah mempelajari dasar-dasar ilmu silat.

“Engko Hai, itu yang kita tuju sudah tampak. Hayo kita balapan lari ke sana!”

Cin Hai memandang Lin Lin dengan senyum mencemooh. Tapi ia menjawab juga,
“Boleh, hayo kita mulai. Satu… dua… ti…ga!”

Dan larilah ia secepatnya untuk mendahului Lin Lin. Ia ingin meninggalkan Lin Lin jauh-jauh agar ia dapat sampai di hutan lebih dulu dan menanti anak perempuan itu sambil mentertawakannya!

Tidak tahunya ketika ia menengok, ternyata Lin Lin telah lari di sebelahnya, bahkan perlahan-lahan tapi tentu mulai menyusulnya! Dan yang membuat ia heran adalah kedua kaki Lin Lin tampaknya begitu ringan dan langkahnya lebar dan tinggi!

Kini Lin Lin telah mendahuluinya dan anak perempuan itu menengok sambil tersenyum manis tapi yang menyakiti hati Cin Hai karena dianggapnya senyum itu mengejeknya! Ia merapatkan gigi dan mempercepat larinya hingga benar saja ia bisa menyusul lagi dan mereka lari berendeng.

Akan tetapi, tidak seperti kelihatannya, hutan yang di depan itu bukanlah dekat, tidak kurang dari setengah li jauhnya hingga ketika mereka tiba di hutan dengan berbareng Cin Hai membuka mulutnya dan dadanya turun naik karena ia terengah-engah bagaikan ikan dilempar di pasir panas!

Sebaliknya, Lin Lin hanya mengeluarkan peluh di leher dan di dahinya, tapi napasnya biasa saja! Ini tidak mengherankan, karena anak perempuan itu sejak kecil telah dilatih oleh Tan-kauwsu (Guru Silat Tan) dan juga telah diberi latihan napas oleh ayahnya sendiri!

Sedangkan Cin Hai hanya lari sekuatnya dan mempergunakan tenaganya tanpa disesuaikan dengan jalan napas, karena ia tidak pernah diberi latihan dasar pelajaran silat.

Biarpun merasa penasaran tidak dapat mengalahkan Lin Lin, namun Cin Hai terhindar dari rasa malu karena mereka tiba di hutan berbareng.

“Tidak kusangka, Lin Lin, larimu secepat kelinci!” katanya setelah napasnya pulih kembali.

Lin Lin tersenyum.
“Dan larimu seperti kuda.” Keduanya tertawa. “Dimana tempat bambu yang kau maksudkan itu?” tanya Lin Lin sambil memandang ke sekelilingnya takut-takut karena di hutan itu memang besar dan agak gelap karena matahari telah mulai turun.

“Di sebelah kiri sana, hayo!” Cin Hai mengajak kawannya.

Betul saja, tidak jauh dari situ terdapat rumpun bambu kuning gading yang bagus dan kecil-kecil serta lurus batangnya. Tapi tiba-tiba Cin Hai teringat bahwa ia tidak membawa pisau atau senjata tajam lainnya! Bagaimana ia harus mengambil itu?

Sementara itu karena berada di bawah pohon-pohon besar, keadaan makin gelap hingga mereka menjadi cemas dan menyangka bahwa senja telah tiba. Cin Hai tidak berpikir panjang lagi, maju dan memegang batang bambu yang diinginkan lalu mencabut sekuat tenaganya.

Tapi sia-sia saja, karena bambu itu banyak sekali akarnya dan kuat pula. Jangankan tenaga seorang kanak-kanak seperti Cin Hai, biar seorang dewasa sekalipun belum tentu akan dapat mencabut sebatang bambu dari rumpunnya.






Tidak ada komentar :