*

*

Ads

Minggu, 14 April 2019

Pendekar Bodoh Jilid 005

Betapapun juga, Cin Hai mempunyai kemauan keras dan pantang mundur. Ia mencoba dan mencoba lagi sampai akhirnya ia berteriak kesakitan karena tangannya penuh bulu bambu yang gatal!

“Biarkan aku mencobanya,” kata Lin Lin.

Ia ingat ketika ayahnya pernah memberi petunjuk kepadanya tentang dasar-dasar melatih sinkang dan ayahnya pernah mendemonstrasikan gerakan sinkang dan menendang sebatang pohon hingga pohon itu jebol berikut akar-akarnya.

Karena tangannya sudah gatal-gatal, Cin Hai mundur dan membiarkan Lin Lin mencoba. Ia menyangka bahwa anak perempuan itu tentu akar mencoba untuk mencabut seperti yang dilakukannya tadi, maka ia berkata memperingatkan,

“Hati-hati, Lin Lin, banyak bulu-bulu gatal!”

Tapi alangkah herannya ketika Lin Lin tidak mencabut, tapi memasang kuda-kuda, lalu dengan berseru, “Haih!” anak itu menggunakan kaki kanan menyapu sebatang bambu! Batang bambu bergoyang-goyang dan dua helai daunnya rontok, tapi batangnya tidak dapat dijebolkan oleh tendangan Lin Lin tadi. Berkali-kali anak itu mencoba dengan kedua kakinya, tapi sia-sia.

Tiba-tiba terdengar seruan orang memuji,
“Bagus betul!”

Lin Lin dan Cin Hai terkejut dan menengok. Ternyata tanpa mereka ketahui, di belakang mereka telah berdiri seorang tokouw (pendeta wanita) yang berwajah buruk sekali. Kulit muka tokouw itu hitam seperti pantat kuali, sedangkan pipinya telah kisut berkerut-kerut dan mata sebelah kanan buta.

Tokouw itu pakaiannya panjang dan longgar berwarna putih dan di tangan kanannya terdapat sebuah hudtim (kebutan pertapa) yang berbulu panjang berwarna putih pula. Di punggungnya tampak gagang sebilah pedang.

Lin Lin dan Cin Hai terkejut melihat tokouw yang buruk rupa itu, sedangkan Lin Lin merasa agak takut.

“Bagus, anak yang manis. Siapakah yang mengajarmu menggunakan ilmu Gerakan Menyapu Ribuan Tiang itu tadi?”

Biarpun agak takut-takut Lin Lin menjawab juga,
“Ayah yang mengajarku.”

“Bagus! Sekarang kau lihat ini!”

Tokouw itu menggerakkan hudtim yang dipegangnya hingga ujung bulu hudtim yang hanya beberapa lembar itu, yaitu bulu yang terpanjang membelit beberapa batang bambu.

“Naik!”

Tokouw itu berseru dan heran sekali, rumpun bambu dengan kurang lebih lima belas batang bambu itu dengan mengeluarkan suara keras jebol berikut akar-akarnya. Tokouw itu mengerakkan hudtimnya lagi dan rumpun bambu itu bagaikan dilontarkan oleh tenaga yang kuat sekali terlempar beberapa tombak jauhnya lalu roboh ke arah lain hingga daun-daunnya tidak menimpa mereka!

Lin Lin melongo, dan terheran-heran, sedangkan Cin Hai tak dapat ditahan lagi bertepuk tangan dan berseru,

“Bagus! Bagus!”

Ia tidak saja girang menyaksikan kehebatan tenaga ini, tapi juga girang karena bambu yang dikehendaki telah berada disitu, tinggal ambil saja!

“Nah, anak baik, sekarang kau turutlah padaku dan menjadi muridku!”

“Tidak mau, aku tidak mau!” Lin Lin berkata sambil melangkah mundur ketakutan.

Tokouw itu mengedikkan kepalanya dan mukanya yang buruk itu makin tampak mengerikan.

“Dengarlah, anak manis. Ribuan orang akan berlutut dan memohon-mohon di depanku untuk minta menjadi muridku. Tapi kau menolak begitu saja!”






Lin Lin sekali lagi memandang muka yang menyeramkan itu dan melihat betapa rambut tokouw itu dikuncir panjang dan membelit-belit di lehernya bagaikan seekor ular yang menambah keburukan rupanya, anak itu melangkah mundur dan berkata lagi.

“Tidak, aku tidak mau…!”

Tapi tokouw itu tertawa ha-ha hi-hi lalu berkata lagi.
“Kau berjodoh dengan aku, betapapun juga kau harus menjadi muridku!” dan ia bertindak maju hendak memegang lengan Lin Lin.

Tapi pada saat itu Cin Hai membentak keras,
“Jangan kau paksa dia! Cih, tidak tahu malu, orang tidak sudi menjadi muridnya, dipaksa-paksa!”

Tokouw itu menggunakan mata kirinya untuk memandang Cin Hai dengan tajam, tapi mulutnya tetap tersenyum dan berkata,

“Kau boleh juga tapi tak berjodoh dengan aku.”

Lin Lin yang merasa ketakutan hendak ditangkap, berubah menjadi marah dan ketika tokouw itu mendekat dan mengulurkan tangan, ia mengepal tangannya yang kecil lalu memukul tangan itu.

Biarpun Lin Lin masih kecil, tapi ternyata ia telah terlatih baik dan pukulannya itu dilakukan dengan gerakan yang baik. Tokouw buruk rupa itu tertawa ha-ha hi-hi dan berkata,

“Anak baik, anak baik… kau mau main-main? Boleh coba kau serang terus padaku agar kuketahui sampai dimana kau telah mempelajari ilmu pukulan!” Ia lalu bergerak-gerak menghindari pukulan-pukulan Lin Lin.

Tiba-tiba Cin Hai membentak.
“Tokouw jahat, kau menggangu orang saja, apakah itu baik?”

Ia lalu menyerang, tapi karena Cin Hai belum pernah belajar silat dengan baik, pukulannya ngawur dan sekenanya saja! Melihat kenekatan Cin Hai, tokouw itu lalu menangkap tangan anak itu, tapi tiba-tiba tokouw itu meringis dan mendongkol sekali karena Cin Hai tanpa dapat diduga lebih dulu telah menggunakan giginya menggigit tangan itu!

Dengan gerakan perlahan tokouw itu telah berhasil membanting Cin Hai hingga anak itu merasa tulang-tulang punggungnya seperti remuk dan merayap bangun sambil merintih-rintih. Baiknya tokouw itu hanya ingin melampiaskan kemendongkolan hatinya saja dan tidak membanting sesungguhnya, hingga ia hanya menderita sakit di luar saja. Tapi dasar Cin Hai mempunyai ketabahan dan kenekatan luar biasa, sambil maju terpincang-pincang ia menyerang lagi!

Untuk kedua kalinya Cin Hai terbanting ke tanah setelah kena ditowel pundaknya oleh jari telunjuk tokouw itu, sementara itu Lin Lin yang menyerang sejak tadi dan selalu memukul dan menendang angin, telah mulai lelah dan berpeluh.

Kebetulan sekali pada saat itu Tan Hok atau Tan-kauwsu (Guru Silat she Tan) lewat di situ, hendak kembali ke kota dari mengunjungi seorang kenalan. Ia kaget dan heran sekali melihat betapa Lin Lin menyerang seorang tokouw yang bermuka seperti setan sedangkan Cin Hai merangkak-rangkak kesakitan.

“Hai, tahan dulu!” Tan-kauwsu membentak pertapa wanita itu yang segera menghadapinya. “Kau seorang pendeta mengapa main-main dengan anak kecil?”

Tokouw itu tersenyum hingga wajahnya makin buruk saja.
“Pinni hendak membawa anak perempuan ini untuk dijadikan murid,” katanya berterus terang.

Tan-kauwsu terkejut dan bertanya,
“Siankouw siapakah?”

“Sicu (Tuan yang gagah) berdandan sebagai guru silat tapi belum kenal kepada pinni? Sungguh aneh! Ketahuilah Pinni she Biauw.”

Tan-kawsu makin terkejut karena ia teringat akan seorang pertapa wanita yang disebut Biauw Suthai dan yang namanya telah menggemparkan dunia persilatan,

“ah, jadi siauwte berhadapan dengan Biauw Suthai yang terkenal itu?”

“Ha, agaknya namaku terdengar juga sampai ke Tiang-an,” kata tokouw itu senang.

Tan-kauwsu tak berani berkata kasar lagi dan setelah menjura, ia berkata,
“Siankouw, tentang pemungutan murid kepada anak ini, kebetulan sekali siauwte adalah guru yang diserahi tugas oleh ayah anak ini untuk mendidiknya. Tentu saja saya tidak merasa keberatan bila Siankouw sudi memungut ia sebagai murid, akan tetapi hal ini harus dirundingkan dulu dengan Ayahnya. Karena itu, saya persilakan kepadamu untuk menjumpai Kwee-ciangkun dan merundingkan soal ini.”

“Sicu seperti tidak tahu saja kebiasaan kita orang-orang kang-ouw. Kalau kita menghendaki sesuatu yang dirasa baik, maka kita lakukan saja tanpa banyak rewel dan pusing. Siapa yang sudi mengadakan rundingan dengan segala ciangkun? Aku hendak mengambil dia sebagai murid dan habis perkara!”

“Kalau begitu, terpaksa siauwte berlaku lancang dan melindungi anak ini.”

“Ha, kau hendak menghalangi maksudku membawa anak ini?”

“Biarlah kali ini siauwte melupakan kebodohan sendiri.”

TOKOUW yang buruk rupa itu tertawa panjang dan mata kirinya memandang penuh ejekan. Melihat sikap pendeta perempuan itu Tan-kauwsu lalu mencabut pedangnya. Suara ketawa Biauw Suthai makin aneh dan menyeramkan ketika ia melihat gerakan Tan-kauwsu, lalu tiba-tiba saja kebutan di tangannya menyambar ke arah guru silat itu!

Tan-kauwsu maklum bahwa lawannya adalah seorang yang berilmu tinggi, maka ia tidak berani berlaku sembrono. Cepat ia berkelit, tapi sebelum ia sempat membalas serangan, ternyata ujung kebutan tokauw itu telah menyambar kembali dan telah mengirim serangan pula yang lebih berbahaya. Ujung kebutan itu selalu mengarah jalan darahnya, merupakan totokan yang lebih berbahaya sekali.

Tan-kauwsu lalu menggunakan pedangnya untuk menyabet putus ujung hudtim, tapi tiba-tiba hudtim itu bagaikan bernyawa tahu-tahu telah melibat pedangnya dan sekali tokouw itu menggerakkan tangannya, pedangnya telah terampas tanpa ia dapat bertahan pula!

Dan pada saat itu juga, kembali ujung hudtim telah menyambar pundaknya. Tan-kauwsu merasa betapa tubuhnya menjadi kesemutan karena urat darahnya tersentuh hingga tidak ampun lagi ia jatuh dengan tubuh lemas tak bertenaga.

Ketika ia merayap bangun lagi, ternyata tokouw itu telah lenyap, begitupun Lin Lin telah hilang pula! Biarpun merasa benci kepada tokouw berwajah buruk itu, tapi melihat betapa dalam beberapa gebrakan saja guru silat Tan Hok itu jatuh bangun dan pedangnya terampas, Cin Hai merasa puas sekali.

Ia memang sangat benci kepada guru silat ini yang tak pernah mengajar silat kepadanya, sebaliknya seringkali memukul dan mengadunya dengan Kwee Tiong sehingga ia sering dipukul matang biru. Maka untuk menyatakan kepuasan hatinya, ia tersenyum-senyum dan berkata kepada Tan-kauwsu.

“Tan-suhu, sakitkah engkau? Tokouw siluman itu hebat dan lihai sekali, ya?”

Mendengar kata-kata ini, Tan-kauwsu merasa makin gemas dan mendongkol sekali. Segala perasaan ini dikumpulkan menjadi satu di dalam dada dan menjadi kemarahan besar yang kini seluruhnya ditujukan kepada Cin Hai.

“Anak setan! Engkau sedang berbuat apa disini dan mengapa kau ajak Nona Lin Lin? Tahukah kau bahwa kali ini engkau menimbulkan bencana yang hebat sekali? Nona Lin Lin diculik orang, dan tahukah engkau apa artinya ini? Batok kepalamu pasti akan diketok sampai pecah oleh Kwee-ciangkun!”

“Bukan aku yang membawa Lin Lin, tapi dia sendiri yang memaksa untuk ikut. Aku hendak mencari bambu ini untuk dibuat suling dan ia ikut padaku. Salahkukah itu?”

“Anak tolol, kalau bukan salahmu, lalu siapa lagi?”

“Tan-suhu, aku sih bukan lawan tokouw siluman itu. Tapi engkau adalah guru silat yang katanya memiliki kepandaian tinggi, mengapa kau biarkan saja Lin Lin diculik olehnya? Mengapa baru satu gebrakan saja kau telah menyerah kalah?”

Baru saja bicara sampai disini, tangan Tan-kauwsu melayang dan kepala yang gundul itu ditempeleng hingga Cin Hai merasa matanya gelap dan kepalanya terasa berputaran. Ia terhuyung-huyung dan sebuah tendangan membuat ia terlempar dan tertelungkup di atas tanah sampai mengeluarkan suara berdebuk. Malang baginya, sebuah batu menyambut mulutnya hingga bibirnya berdarah.

Anak ini marah sekali didalam hati dan rasa sakit hatinya melenyapkan segala rasa sakit di tubuhnya. Ia cepat merayap bangun dan berdiri dengan tegak sedangkan sepasang matanya memandang tajam, sedikit pun tidak takut dan jerih.






Tidak ada komentar :