*

*

Ads

Senin, 06 Mei 2019

Pendekar Bodoh Jilid 051

Setelah melakukan perjalanan cepat tanpa berhenti, Cin Hai dan Kwee An tiba di kota raja. Di sepanjang perjalanan, kedua anak muda ini menuturkan pengalaman masing-masing dan Kwee An merasa kagum sekali akan hasil yang diperoleh Cin Hai, anak yang ketika kecilnya gundul yang selalu dihina orang itu. Ia makin suka kepada Cin Hai dan sepanjang perjalanan tiada hentinya ia minta petujuk-petunjuk dan nasihat-nasihat tentang persilatan.

Dengan melihat permainan silat Kwee An saja, Cin Hai dapat melihat kekurangan-kekurangan dan kelemahan-kelemahannya hingga ia dapat memberi petunjuk yang benar-benar sangat berguna bagi Kwee An dan berdasarkan petunjuk ini, ilmu silat Kwee An menjadi lebih sempurna lagi.

Di kota raja mereka berdua mencari keterangan dan mendengar bahwa asrama kaum perwira Sayap Garuda adalah sebuah bangunan besar merupakan benteng yang disebut Eng-hiong-koan atau Penginapan Para Pendekar.

Dengan tabah dan berani sekali Cin Hai dan Kwee An pada keesokan harinya, pagi-pagi telah mengunjungi Eng-hiong-koan dan memberitahukan kepada penjaga bahwa mereka ingin menemui para perwira Sayap Garuda.

“Kami adalah kenalan-kenalan baik dari Ma-ciangkun dan lain-lain perwira, terutama kelima Santung Ngo-hiap.”

“Sayang sekali bahwa sekarang para perwira sedang mengadakan pertemuan besar hingga kurasa tak sempat menjumpai kalian berdua,” jawab penjaga itu.

“Pertemuan apakah?” tanya Cin Hai.

“Di dalam gedung sedang diadakan pemilihan tiga orang perwira yang hendak diangkat menjadi kepala perwira istana dan menjadi pengawal pribadi Kaisar,” jawab penjaga itu.

Akan tetapi penjaga kedua yang tidak suka melihat kawannya mengajak kedua pemuda itu mengobrol, lalu berkata,

“Kamu berdua boleh datang lagi besok pagi saja. Pendeknya pada saat itu tak seorang pun boleh memasuki En-hiong-koan.”

Kwee An dan Cin Hai merasa mendongkol sekali. Mereka saling pandang dan saling memberi tanda dengan kejapan mata. Keduanya bergerak cepat dan hampir berbareng mereka mengulur tangan menotok kedua penjaga itu yang segera roboh dengan tubuh lemas karena tertotok jalan darah mereka oleh Cin Hai dan Kwee An!

Dengan tenang kedua pemuda gagah ini lalu bertindak masuk. Mereka langsung ke ruang belakang dimana terdengar suara orang bersorak dan tanpa jerih sedikit pun mereka lalu melangkah masuk dari sebuah pintu yang besar dan tinggi.

Ternyata ruang belakang itu amat luas dan di tengah ruang itu telah terdapat sebuah panggung karena memang ruang ini merupakan ruang berlatih silat atau lian-bu-thia. Kurang lebih tiga puluh orang perwira duduk mengitari panggung itu, dan di kepala panggung duduk seorang hwesio gundul yang bertubuh tinggi kurus, dan di sebelahnya duduk beberapa orang perwira tua yang kelihatannya merupakan perwira-perwira tingkat tinggi. Juga Ma Ing nampak duduk di sebelah hwesio itu.

Pada saat itu, memang sedang diadakan pertandingan adu silat diantara para perwira yang dicalonkan untuk menjadi pemimpin perwira penjaga istana. Pemilihan ini dilakukan atas perintah kaisar sendiri yang minta supaya tiga orang panglima yang berkepandaian tinggi dan lihai untuk menjadi pengawal pribadi di dalam istana. Siapa orangnya yang tidak mau mencoba peruntungannya dengan kesempatan ini? Menjadi pengawal pribadi kaisar adalah sebuah pekerjaan yang enak dan mulia.

Pemilihan ini dilakukan dan diawasi oleh hwesio tinggi kurus itu yang sebenarnya adalah hwesio kepala dalam Kuil See-thian-tong yang menjadi kuil di lingkungan istana dan yang biasanya dikunjungi kaisar.

Selain menjadi kepala hwesio di kuil raja itu, juga hwesio yang bernama Beng Kong Hosiang ini diangkat pula menjadi penasihat para perwira, ini kedudukan yang tinggi, karena sebenarnya hwesio ini bukan lain ialah suheng atau kakak seperguruan dari Hai Kong Hosiang yang sudah terkenal kelihaiannya.

Di bawah pengawasan Beng Kong Hosiang, maka telah diadakan pemilihan dan para perwira itu mengadu kepandaian untuk merebut kedudukan itu. Pada saat Cin Hai dan Kwee An memasuki ruangan itu, dua orang perwira Sayap Garuda sedang bergumul di atas panggung dan semua perwira yang menonton bersorak-sorak gembira, juga Beng Kong Hosiang, Ma Ing dan perwira lain yang dianggap tertua dan terpandai, menikmati pertandingan itu hingga mereka tidak melihat masuknya pemuda ini.






Cin Hai berbisik kepada Kwee An dan keduanya lalu menggenjot tubuh mereka melalui kepala para perwira lalu melompat ke atas panggung di mana dua orang perwira itu sedang mengadu kepandaian.

Dengan gerakan ringan dan cepat, Cin Hai dan Kwee An masing-masing memegang seorang perwira pada lehernya dan melemparkan mereka ke bawah panggung seakan-akan orang melempar ayam saja!

Semua orang terkejut, tak terkecuali Beng Kong Hosiang. Ketika Ma Ing melihat siapa yang datang mengacau, ia menjadi pucat karena ia telah mengenal Cin Hai yang telah dirasai kelihaiannya itu.

Cin Hai lalu memandang ke sekeliling dan keadaan di situ sunyi senyap karena semua orang masih tercengang melihat peristiwa yang tak disangka-sangka itu. Siapakah orangnya yang berani mati mengacau di dalam Eng-hiong-koan pada saat perwira-perwira mengadakan pemilihan, bahkan pada saat Beng Kong Hosiang berada di situ? Mungkin setan pun tidak berani mengacau maka tindakan kedua orang pemuda itu sungguh-sungguh membuat mereka tercengang dan terheran!

“Cuwi-ciangkun (para panglima yang terhormat), kedatangan kami berdua bukan sengaja hendak mengacau dan kami sebenarnya tidak mempunyai urusan sesuatu dengan Eng-hiong-koan ini. Akan tetapi karena musuh-musuh kami berada disini, terpaksa kami datang juga. Kini kami minta supaya para musuh besar kami itu suka tampil ke muka dan mempertanggung-jawabkan perbuatan mereka yang biadab!”

Semua orang merasa heran mendengar ini dan mereka tercengang melihat ketenangan anak muda itu. Yang tidak tahu akan persoalannya saling pandang dan angkat pundak. Melihat keberanian ini, Beng Kong Hosiang tertawa terkekeh-kekeh karena ia memandang rendah sekali kepada kedua orang itu, maka katanya dengan suaranya yang tinggi nyaring,

“Eh, anak-anak muda yang berani mati! Siapakah musuh-musuhmu itu?”

Sekarang Kwee An yang menjawab dengan suaranya yang halus nyaring,
“Musuh-musuh kami adalah si pengecut Boan Sip, kedua saudara Tan Song dan Tan Bu, kelima kawanan yang disebut Santung Ngohiap Ma Ing, Un Kong Sian dan tiga saudaranya yang lain, dan yang terakhir seorang hwesio keparat bernama Hai Kong Hosiang. Manusia-manusia biadab yang namanya kusebutkan itu kalau berada di tempat ini harap maju untuk menerima kematian!”

Semua orang terkejut, tak terkecuali Beng Kong Hosiang. Alangkah beraninya kedua pemuda itu. Orang-orang yang namanya mereka sebut adalah perwira-perwira kelas tinggi, bahkan Ma Ing dan Un Kong Sian mendapat tempat duduk di deretan Beng Kong Hosiang karena mereka itu telah dianggap perwira-perwira yang tinggi kedudukan dan kepandaiannya, demikian pula tiga orang saudara seperguruannya dan yang kesemuanya berjumlah lima orang dan disebut Santung Ngohiap. Lebih-lebih lagi nama terakhir, yakni Hai Kong Hosiang, karena hwesio ini adalah sute (adik sepergurunan) dari Beng Kong Hosiang sendiri!

Musuh-musuh besar yang namanya disebutkan tadi semua berada di situ, kecuali Boan Sip dan Hai Kong Hosiang. Biarpun wajah mereka menjadi berubah ketika nama-nama mereka disebut, tetapi karena berada di rumah sendiri dan mempuyai banyak kawan-kawan, terutama adanya Beng Kong Hosiang di situ membuat mereka tabah dan berani.

Secara otomatis Tan Song dan Tan Bu lalu berdiri dan menghampiri kelima saudara Santung Ngohiap yang duduk di dekat Beng Kong Hosiang. Juga lima jago dari Santung itu yakni Ma Ing, Un Kong Sian, dan tiga orang lain yang belum pernah dilihat Cin Hai, berdiri dari kursinya hingga ketujuh orang ini berkelompok untuk menghadapi kedua musuh itu.

Sebetulnya nama Santung Ngohiap memang telah terkenal sekali. Urutan mereka adalah seperti berikut: yang pertama Lauw Tek, ke dua adalah adiknya Lauw Houw. Kedua saudara inilah yang dulu ikut membasmi keluarga Kwee. Orang ke tiga adalah seorang tua yang berwajah sabar dan bernama Ma Keng In, dan dia ini adalah satu-satunya orang dari kelima jago dari Santung yang tidak pernah memusuhi keluarga Kwee dulu, akan tetapi karena ia juga menjadi anggauta Santung Ngohiap, maka otomatis ia pun ikut berdiri dan bersatu dengan saudara-saudara seperguruannya.

Orang ke empat dan ke lima adalah Ma Ing dan Un Kong Sian. Melihat kepandaian orang ke empat dan ke lima saja yang demikian hebatnya seperti terbukti ketika Un Kong Sian dan Ma Ing memperlihatkan kepandaian di rumah keluarga Kwee dulu, maka dapat dibayangkan betapa tingginya kepandaian Ma Keng In, Lauw Houw dan Lauw Tek!

Demikianlah, kelima Santung Ngohiap itu dan kedua saudara Tan Song dan Tan Bu setelah berdiri merupakan satu kelompok, lalu Ma Ing membuka suara,

“Eh, dua anjing pemberontak muda! Kami bertujuh ada di sini, kalian mau apa?”

Sambil berkata demikian, ia bergerak maju menuju ke panggung itu, diikuti oleh enam orang lainnya. Sambil maju, mereka meloloskan senjata masing-masing. Juga para perwira yang merasa marah sekali melihat kedatangan dua orang muda yang mengacau ini, pada bergerak mendekati panggung hingga Cin Hai dan Kwee Ang seakan-akan hendak dikeroyok oleh puluhan orang perwira Sayap Garuda itu!

Cin Hai memandang ke arah mereka dengan senyum sindir.
“Hem, hm, tidak kusangka bahwa selain menjadi manusia-manusia biadab yang kejam, juga para perwira Sayap Garuda yang terkenal ganas ternyata hanyalah sekumpulan pengecut yang hanya berani main keroyokan. Ha-ha, kalian majulah!”

Sambil berkata demikian, tangannya bergerak dan tahu-tahu pedang pusaka Liong-coan-kiam telah berada di tangannya! Juga Kwee An telah bersiap sedia dan ia mencabut pedangnya yang juga bukan pedang sembarangan. Mereka telah mengambil keputusan untuk bertempur dengan nekad dan mengadu jiwa.

Tiba-tiba terdengar bentakan Beng Kong Hosiang,
“Tahan!”

Dan tahu-tahu hwesio yang tinggi kurus ini telah berada di atas panggung, mendahului semua perwira dan ia menghadapi kedua pemuda itu dengan sikap yang angkuh.

“Tidak malukah kalian?” tegurnya kepada semua perwira yang bergerak maju. “Untuk menangkap dua ekor cacing saja kalian hendak menggunakan tongkat besar? Cuwi-ciangkun, jangan kau bikin malu kepada pinceng!”

Memang ucapan Beng Kong Hosiang ini beralasan sekali. Ia terkenal sebagai penasihat para perwira dan terkenal sebagai seorang yang amat disegani dan ditakuti karena kepandaiannya yang tinggi. Sekarang tempat itu dikacau oleh dua orang pemuda, masakan para perwira hendak mengeroyoknya, seakan-akan kehadirannya itu tidak ada artinya sama sekali!

Ia telah melihat gerakan kedua orang tadi ketika melompat ke atas panggung dan ia maklum bahwa di antara kedua pemuda ini, yang harus diawasi adalah Cin Hai, sedangkan pemuda yang ke dua itu tidak berbahaya.

Mendengar bentakan Beng Kong Hosiang semua perwira menahan gerakan mereka dan hanya berdiri memandang kepada pemuda itu dengan mata mengancam.

Beng Kong Hosiang tertawa.
“Anak-anak muda, kalian ini siapakah dan murid siapa hingga berani sekali mengganggu tempat kediaman kami?”

“Aku bernama sie Cin Hai dan ini adalah Kwee An,” jawab Cin Hai dengan suara tenang karena ia belum kenal siapa sebetulnya hwesio tua ini. “Kedatangan kami ini tidak ada hubungannya dengan orang lain, kecuali orang-orang yang namanya telah disebut tadi. Mereka itu secara kejam sekali telah membunuh keluarga Kwee dan kami sengaja datang untuk menuntut balas!”

“Hem, mereka itu dibunuh karena mereka telah memberontak dan berani menghina perwira-perwira kerajaan. Kalian memiliki kepandaian apakah berani mengacau di sini? Ketahuilah, anak-anak muda, perbuatanmu ini saja sudah cukup menjadi alasan untuk menghukum kalian!”

“Kami hanya ingin membasmi orang-orang yang menjadi musuh-musuh kami dan untuk itu kami bersedia menghadapi siapa saja!” berkata Kwee An dengan marah karena ia dapat menduga bahwa hwesio ini tentulah orang yang berpengaruh di kalangan perwira Sayap Garuda.

“Ha, ha, ha! Kau seperti anak-anak burung yang baru belajar terbang, tidak tahu sampai di mana tingginya langit dan luasnya lautan! Lauw Tek-ciangkun, marilah kau dan pinceng menghadapi dua ekor cacing-cacing tanah ini!”

Beng Kong Hosiang berlaku cerdik. Dia tidak mau kalau pihaknya disebut curang dan main keroyokan, akan tetapi ia pun tidak menghendaki pihaknya mendapat kekalahan, maka ia sengaja memanggil Lauw Tek yaitu saudara tertua dari Santung Ngohiap atau perwira yang pada saat itu hadir di situ. Ia maklum bahwa kepandaian Lauw Tek cukup tinggi untuk menghadapi Kwee An, sedangkan untuk menghadapi Cin Hai, dia sendiri hendak maju memperlihatkan kepandaiannya!






Tidak ada komentar :