*

*

Ads

Senin, 06 Mei 2019

Pendekar Bodoh Jilid 052

Sambil tersenyum Lauw Tek menggerakkan tubuh dan melompat ke atas panggung menghadapi Kwee An. Ia lalu menuding dan berkata kepada pemuda itu,

“Dulu kau masih kuberi ampun hingga jiwamu tidak sampai melayang, apakah karena itu kau merasa menyesal dan sekarang sengaja datang untuk mengantar jiwa?”

Kwee An mengenal orang ini sebagai seorang diantara mereka yang menyerbu rumahnya, maka tanpa banyak cakap lagi ia lalu menggerakkan pedangnya dan menusuk dengan gerakan Rajawali Mematuk Ikan sambil tersenyum menyindir Lauw Tek menggerakkan pedangnya menangkis dan mereka berdua lalu bertempur hebat.

“Ha, ha, anak muda, sambutlah hidanganku yang pertama!” kata Beng Kong Hosiang dan ia mengebut dengan ujung lengan baju yang lebar dan panjang ke arah jalan darah kin-hun-hiat di dada Cin Hai.

Sambaran ini hebat dan kuat, akan tetapi dengan tenang Cin Hai lalu miringkan tubuhnya mengelak dan tahu-tahu pedangnya membabat ke arah pergelangan tangan Beng Kong Hosiang ini! Hampir saja lengan tangan Beng Kong Hosiang terbabat putus oleh Liong-coan-kiam. Hwesio ini terkejut sekali karena ia tidak menyangka sama sekali akan kehebatan Cin Hai, maka tadi ia berlaku lambat.

Harus diketahui bahwa serangannya dalam kebutan ujung lengan baju tadi bukanlah serangan yang sembarangan saja dan baru angin pukulannya saja sudah cukup untuk merobohkan seorang lawan yang kuat, akan tetapi ternyata pemuda ini dengan miringkan tubuhnya ke kiri sudah dapat mengelak serangannya. Bagaimana pemuda ini tahu bahwa arah kebutan lengan bajunya memutar ke kanan hingga dengan mudah ia dapat berkelit ke kiri?

Ia mengebut lagi, kini dengan tipu Dewa Mabok Menyiram Arak. Gerakan ini dilakukan dengan ujung lengan baju kanan dan mula-mula langsung meluncur ke depan ke arah muka lawan, akan tetapi gerakan ini hanya untuk mengaburkan pandangan lawan belaka, karena gerakan yang sesungguhnya ialah secepat kilat ujung lengan baju itu diputar ke arah pergelangan orang yang memegang pedang untuk merampas pedang lawan itu!

Akan tetapi, lagi-lagi ia terkejut bahkan mukanya menjadi berubah ketika Cin Hai mendiamkan saja ujung lengan baju yang mengebut ke arah mukanya karena ujung lengan baju itu memang tidak diteruskan dan kini terputar cepat ke arah pergelangan tangannya.

Cin Hai menggerakkan lengan tangannya dan pedangnya menyabet ke bawah hingga tak ampun lagi ujung lengan baju itu terbabat putus!

Bukan main terkejut dan marahnya Beng Kong Hosiang. Tadinya ia mengira bahwa dalam satu dua gebrakan saja ia akan dapat merobohkan lawan yang muda ini. Tidak tahunya, serangannya dalam dua jurus itu tidak menghasilkan sesuatu bahkan ia sendiri menderita rugi karena ujung lengan baju yang merupakan senjata baginya itu telah terbabat putus!

Dengan muka terheran-heran ia mengeluarkan senjata yang luar biasa, yaitu sebuah pacul yang bergagang bengkok dan mata pacul itu tajam juga lebar sekali. Akan tetapi anehnya gagang pacul itu dapal dilipat dua dan oleh karena itu setelah dilipat menjadi pendek dan dapat diselipkan di pinggangnya.

Sambil membentak hebat, Beng Kong Hosiang mengayunkan pukulannya dan menyerang dengan cepat. Gerakannya aneh sekali seperti seorang petani mencangkul tanah, akan tetapi Cin Hai berlaku tangkas dan cepat melompat ke pinggir dan balas menyerang dengan pedangnya.

Di lain pihak, Kwee An mengeluarkan seluruh ketangkasan dan kepandaiannya untuk mempertahankan diri terhadap serangan Lauw Tek yang betul-betul lihai itu. Melihat permainan pedang Kwee An, Lauw Tek sambil menyerang berkata,

“Eh, anak muda she Kwee, bukanlah kau murid Eng Yang Cu dari Kim- san-pai?”

Kwee An merasa terkejut ketika lawannya dapat mengenal ilmu pedangnya. Ia menahan senjatanya dan membentak,

“Kalau aku benar murid Kim-san-pai kau mau apakah?”

Lauw Tek tertawa menghina.
“Kebetulan sekali, kau boleh mewakili Eng Yang Cu dan mampus di ujung senjataku!”

Setelah berkata demikian ia mendesak makin hebat hinggga Kwee An yang memang kalah tinggi kepandaiannya menjadi terdesak hebat.

Tidak tahunya Lauw Tek memang pernah bentrok dengan Eng Yang Cu, salah satu tokoh dari Kim-san-pai. Hal ini terjadi belasan tahun yang lalu, sebelum Kwee An menjadi murid Eng Yang Cu. Ketika itu, Santung Ngohiap masih tinggal di Santung dan menjadi jago yang ditakuti karena selain lihai juga terkenal ganas.






Kebetulan pada waktu itu Eng Yang Cu yang sedang merantau tiba di Santung dan mendengar tentang keadaan Santung Ngohiap, lalu sengaja menantang pibu kepada mereka. Pada waktu itu, Eng Yang Cu masih berdarah panas hingga ia tidak tahan mendengar betapa di Santung ada Santung Ngohiap yang menjagoi dan berlaku sewenang-wenang.

Di dalam pertandingan pibu ini, seorang demi seorang dari Santung Ngohiap kena dikalahkan oleh Eng Yang Cu, akan tetapi secara licik kelima jago Santung itu lalu mengeroyok hingga Eng Yang Cu menjadi terdesak dan melarikan diri. Semenjak itu, Santung Ngohiap menaruh dendam kepada Eng Yang Cu.

Karena pernah bertempur dengan Eng Yang Cu, maka Lauw Tek dapat mengenal ilmu silat Kim-san-pai yang dimainkan oleh Kwee An dan karena melihat kelihaian Kwee An, ia dapat menduga bahwa anak muda ini tentulah murid dari Eng Yang Cu. Dia menjadi girang sekali karena sekarang mendapat kesempatan untuk membalas dendamnya yang dulu kepada murid Eng Yang Cu ini.

Oleh karena ini, Lauw Tek lalu mendesak hebat dan mengeluarkan serangan-serangan maut yang berbahaya. Akan tetapi, biarpun masih muda Kwee An bersemangat baja dan ia berlaku nekad hingga gerakan pedangnya demikian tangkas dan untuk berpuluh jurus ia masih dapat mempertahankan dirinya.

Pada saat itu, dari luar berkelebat bayangan putih dan terdengar suara orang berseru,
“Lauw Tek, jangan kau menghina anak kecil. Akulah lawanmu, Kwee An, kau mundurlah!”

Kwee An merasa girang sekali karena ia mengenal itu suara Eng Yang Cu gurunya. Ia lalu mundur dan membiarkan gurunya menghadapi Lauw Tek. Eng Yang Cu adalah seorang tua berusia lima puluh tahun lebih, jenggot dan rambutnya sudah putih dan pakaiannya seperti seorang tosu, juga berwarna putih. Senjatanya adalah pedang panjang yang mengeluarkan cahaya berkeredepan.

“Eng Yang Cu, manusia sombong. Bagus sekali kau datang mengantar jiwa!”

Lauw Tek berseru dan menyerang dengan ganas. Para saudaranya seketika melihat kedatangan musuh lama ini, lalu datang menyerbu hingga kini pertempuran lebih hebat lagi. Tiga orang dikeroyok oleh enam orang!

Kwee An yang melihat betapa pihak lawan mengeroyok, tidak mau tinggal diam dan ia menggerakkan pedangnya lagi, bahkan kini permainannya lebih hebat karena ia mendapat hati dengan kedatangan suhunya itu.

Sementara itu, dengan ilmu pedang campuran dari Liong-san Kiam-hoat, Ngo-lian Kiam-hoat, dan Sianli-utau yang pernah dipelajarinya, juga kepandaiannya yang dipelajari dari Bu Pun Su yaitu mengenal dasar-dasar semua gerakan lawannya, Cin Hai berhasil membuat Beng Kong Hosiang tidak berdaya.

Setiap gerakan dan serangan hwesio ini telah dapat diduga oleh Cin Hai, sebaliknya ilmu pedang Cin Hai yang campur aduk telah membingungkan hwesio itu. Hanya tenaga lweekang Beng Kong Hosiang yang tinggi saja yang masih menolongnya hingga ia belum dijatuhkan oleh Cin Hai.

Ketika melihat kedatangan suhu dari Kwee An dan melihat pula naiknya semua lawan hingga keadaan menjadi berbahaya, Cin Hai berseru nyaring dan gerakan pedangnya kini disertai tenaga khikang yang luar biasa.

Inilah tenaga khikang yang ia latih atas petunjuk Bu Pun Su, dan yang mempunyai daya tempur luar biasa sekali karena seluruh tenaga lweekang, gwakang dan ginkang dipersatukan merupakan pergerakan hebat hingga menimbulkan angin besar.

Khikang semacam ini jarang dikeluarkan oleh Cin Hai, karena tenaga ini membutuhkan pemusatan yang bulat hingga sangat melelahkan tubuh, ia sendiri akan mendapat celaka oleh karena kehabisan tenaga. Oleh karena inilah, maka jarang sekali ia keluarkan kepandaian ini. Untuk menggunakan tenaga khikang ini, paling lama ia hanya kuat bersilat sampai tiga puluh jurus saja.

Akan tetapi, akibatnya hebat sekali. Baru saja ia menyerang belum lima jurus, kaki kirinya berhasil menendang dada Beng Kong Hosiang hingga hwesio ini jatuh menggelinding ke bawah panggung dalam keadaan pingsan.

Melihat kehebatan ini, para perwira menjadi terkejut sekali dan permainan Santung Ngohiap menjadi kacau balau hingga Eng Yang Cu mendapat kesempatan melukai Lauw Tek dengan pedangnya. Keadaan menjadi kalut dan semua perwira mencabut senjata hendak mengeroyok. Akan tetapi karena jumlah mereka besar, sedangkan panggung itu sempit, maka gerakan mereka itu bahkan mengacaukan kawan sendiri.

Cin Hai dan Kwee An yang mengambil keputusan hendak membalas dendam, lalu sengaja menujukan senjata mereka kepada keempat sisa anggauta Santung Ngohiap dan kedua saudara Tan Song dan Tan Bu.

Eng Yang Cu yang tidak tahu mana musuh-busuh besar muridnya, hanya menggerakkan senjata untuk melindungi kedua pemuda itu. Pedang Kwee An berhasil merobohkan Tan Song dan Tan Bu dan serangan pemuda ini disertai kegemasan yang meluap hingga kedua saudara Tan itu roboh tewas mandi darah.

Cin Hai yang mengamuk hebat bagaikan seekor Naga Sakti memperlihatkan diri, juga berhasil merobohkan Un Kong Sian, Lauw Houw, Ma Ing, dan Ma Keng In. Akan tetapi karena ia tahu bahwa Ma Keng In tidak ikut dalam penyerbuan ke rumah keluarga Kwee, ia masih mengampuni orang tua ini dan hanya menotoknya roboh, sedangkan yang lain-lain telah tewas di ujung pedang Liong-koan-kiam!

Melihat bahwa ketujuh musuh besar itu telah dapat dirobohkan, tiba-tiba Cin Hai melintangkan pedangnya yang masih berlumuran darah dan ia berteriak.

“Cuwi sekalian, tahan senjata! Kami bertiga tidak mau membunuh orang tidak berdosa. Orang-orang yang telah mengganas dan membunuh keluarga Kwee hanyalah enam orang yang telah tewas ini! Sedangkan Ma Keng In karena tidak ikut berdosa, ia hanya diberi hajaran saja demikianpun Beng Kong Hwesio yang sombong hanya diberi hajaran agar ia tidak memandang ringan kepada lain orang! Sekarang harap Cuwi beritahukan dimana adanya Boan Sip dan Hai Kong Hosiang, karena kedua orang jahat itu pun hendak kami basmi dari permukaan bumi!”

Akan tetapi, diantara sekalian perwira itu, mana ada yang berani menjawab dan membuka rahasia kawan sendiri? Mereka hanya berdiri diam sambil bersiap sedia dengan senjata di tangan, walaupun hati mereka telah dibikin gentar oleh kehebatan ketiga orang itu!

Karena tidak ada orang yang berani memberi keterangan, Cin Hai lalu mengajak kedua kawannya pergi dari situ. Tiga bayangan berkelebat dan para perwira baru sadar bahwa ketiga lawan mereka telah pergi setelah tak melihat mereka di atas panggung lagi.

Mereka lalu menolong kawan-kawan yang terluka dan sebagian orang lalu lari memberi laporan ke istana. Keadaan menjadi kalut sekali, karena semenjak Kanglam Chit-koai mengamuk pada beberapa puluh tahun yang lalu di dalam Eng-hiong-koan ini, tak pernah ada orang yang berani mengganggu mereka.

Tak dinyana bahwa hari ini dua orang pemuda yang dibantu oleh seorang tosu tua telah membuat mereka kocar-kacir, bahkan enam orang perwira telah binasa! Yang lebih hebat lagi, Beng Kong Hosiang yang belum pernah dikalahkan orang itu, kini roboh dalam tangan seorang pemuda tanggung! Ini hebat sekali.

Juga Kaisar menjadi terkejut mendengar huru-hara ini. Ia lalu memerintahkan barisan pengawal untuk mengejar dan mengepung, akan tetapi pada saat itu, Cin Hai dan kawan-kawannya telah lari jauh meninggalkan tembok kota raja dan telah berhenti di dalam sebuah hutan.

Cin Hai diperkenalkan oleh Kwee An kepada gurunya dan Eng Yang Cu memandang dengan kagum kepada Cin Hai.

“Sie-taihiap, kau masih begini muda akan tetapi kepandaianmu sungguh-sungguh membuat aku menjadi kagum sekali. Siapakah Suhumu yang mulia?”

Sebagaimana biasa, Cin Hai merasa segan untuk memberitahukan nama suhunya karena maklum bahwa Bu Pun Su sama sekali tidak suka bahkan membenci segala nama besar yang dianggapnya kosong belaka. Maka melihat keraguan pemuda itu, Kwee An lalu mewakilinya menjawab,

“Guru Saudara Cin Hai ini adalah Bu Pun Su.”

“Ah!” Eng Yang Cu terkejut sekali mendengar ini. “Tak heran apabila kepandaiannya lihai sekali. Pinto pernah mendengar nama besar Suhumu walaupun mataku belum mendapat kemuliaan dan kehormatan untuk bertemu dengan Locianpwe itu, akan tetapi setelah melihat kepandaian muridnya, hatiku telah cukup puas.”






Tidak ada komentar :