*

*

Ads

Selasa, 02 April 2019

Ang I Niocu Jilid 077

Sampai lama ia berlutut sambil memejamkan mata, kemudian setelah kepalanya yang pening menjadi sembuh kembali, ia membuka matanya. Bagaikan hujan gerimis, air matanya bertitik turun, menetes melalui pipi dan dagu dan ada yang jatuh bertitik di atas muka Tiauw Ki. Dilihat sekelebatan, dengan air mata di atas pipi, mayat pemuda itu seperti ikut menangis.

“Koko…” kembali Im Giok berbisik.

Makin deras turunnya air matanya ketika ia teringat betapa besar cinta kasih pemuda ini kepadanya, dan kini dalam menghadapi keputusan perjodohan mereka, pemuda ini telah terbunuh oleh ayahnya.

“Ayah…!”

Im Giok menahan isaknya ketika ia teringat kepada ayahnya. Tubuhnya berkelebat dan kembali tiga orang pemuda terguling roboh ketika gadis itu mendesak keluar dengan cepat lalu berlari-lari menuju ke rumah gedungnya. Tanpa mempedulikan kepada Kim Lian dan para pelayan yang memandangnya dengan mata terbelalak, Im Giok berlari terus menuju kamar ayahnya.

Pintu kamar ayahnya terpentang lebar-lebar dan Im Giok melompat ke ambang pintu, berdiri di situ dengan kedua kaki terpentang lebar dan mata berapi-api memandang ke dalam. Ia melihat ayahnya sedang duduk di atas kursinya dan memegang pedang terhunus yang dipukul-pukulkan ke atas meja!

“Ayah…!” Suara Im Giok terdengar nyaring, penuh sesal dan nafsu amarah.

Ayahnya memandang. Dua pasang mata berpandangan, dua pasang mata yang sama tajam, sama berapi-api pandangannya. Sunyi di situ. Hanya terdengar ketukan-ketukan pedang pada meja, makin lama makin melambat.

“Kau mau apa??” akhirnya terdengar suara Kiang Liat, lambat-lambat dan setengah digumam, seakan-akan lidah dan bibirnya sukar digerakkan.

“Ayah, mengapa kau membunuh Gan-siucai?” Suara Im Giok nyaring tinggi dan tergetar.

Kiang Liat diam saja untuk beberapa saat, kemudian secara tiba-tiba ia bangkit berdiri, membacokkan pedangnya ke arah meja yang menjadi terbelah dengan mudah dan roboh menimbulkan suara berisik.

“Ha, ha, ha, ha, memang kubunuh mampus anjing itu! Ha, ha, betapa mudahnya, sekali pukul saja jahanam keparat pemakan tinta itu mampus!”

“Ayaahhh…!”

Im Giok tak dapat menahan kemarahan hatinya lagi. Tangan kanannya digerakkan dan tahu-tahu pedangnya telah ia cabut dan tangan yang memegang pedang menggigil.

“Kau… kau pengecut besar! Kau… kau membunuh dia yang tidak berdosa. Kau manusia tidak tahu malu, membunuh orang yang kau tahu tak dapat melawan, seorang yang tidak mempunyai kepandaian ilmu silat. Kau pengecut!” Bagaikan gila Im Giok memaki-maki ayahnya sendiri.

Untuk sejenak ayahnya memandang kepadanya dengan mata terbelalak, kemudian mulut pendekar itu meringis, seakan-akan ia merasa sakit yang hebat sekali. Mukanya menjadi pucat sekali. Kemudian ia membuka matanya dan mata itu sekarang berputaran amat mengerikan. Dari bibirnya keluar busa dan ia tertawa kembali terbahak-bahak.

“Ha, ha, ha, cacing buku yang busuk itu hendak menikah dengan puteriku? Ha, ha, ha, menjadi tukang membersihkan lantai kamarnya saja masih terlalu rendah. Ha, dia patut mampus, anjing Cia Sun harus mampus biarpun beberapa ratus kali dia menjelma. Puteriku harus menjadi isteri Liem Sun Hauw pemuda gagah perkasa…”

“Tidak sudi! Kau manusia keji, kau dan Liem Sun Hauw itu harus masuk neraka!”

Mendengar makian ini, Kiang Liat menjadi marah sekali. Dalam pandangan matanya, yang berdiri di depannya itu sudah bukan anaknya lagi, melainkan seorang yang berani menentangnya.

“Kau hendak membunuh aku dan Sun Hauw? Ha, ha, ha, bocah lancang, kaulah yang akan mampus lebih dulu!” Sambil berkata demikian, Kiang Liat menyerang puterinya sendiri.






Im Giok pada saat itu juga sudah seperti orang kemasukan iblis dan sudah tidak ingat apa-apa lagi, tahunya hanya marah dan duka teraduk menjadi satu dalam hatinya. Melihat ayahnya menyerangnya, ia pun cepat menangkis sambil mengerahkan seluruh tenaganya.

Maka terjadilah pertempuran yang hebat di dalam kamar itu antara ayah dan anak gadisnya sendiri! Kepandaian mereka berimbang, bahkan Im Giok kini telah memperoleh kemajuan pesat sehingga ia bahkan melampaui ayahnya. Hal ini adalah karena ilmu-ilmu silat yang diturunkan oleh Bu Pun Su kepada Im Giok melalui Kiang Liat, oleh Kiang Liat hanya dipelajari teorinya saja, akan tetapi tidak berani ia melatih diri dengan ilmu itu.

Maka tentu saja Im Giok yang dapat memetik sari pelajaran ilmu silat tinggi dari Bu Pun Su itu, sedangkan Kiang Liat hanya tahu “kulitnya” belaka. Maka makin lama pedang Im Giok mendesak makin hebat, gulungan sinar pedangnya makin menekan gulungan sinar pedang ayahnya.

Tiba-tiba berkelebat bayangan orang dan terdengar pekik,
“Im Giok!”

Akan tetapi dua orang yang sedang bertempur ini seakan-akan tidak mendengar pekik ini dan melanjutkan pertempuran mereka dengan hebat dan mati-matian.

“Im Giok…!”

Orang itu yang bukan lain Kim Lian adanya, mengeluarkan suara jeritan lagi, dan kali ini ia menerjang masuk ke dalam gelanggang pertempuran dengan nekad. Pedangnya menangkis gulungan pedang Im Giok dan terkejutlah ia karena ia terpental ke belakang.

“Im Giok… Sumoi… apakah kau sudah gila melawan ayahmu sendiri…?” Kim Lian menegur dengan suara nyaring.

Tangkisan dan jeritan ini membuyarkan permainan pedang Im Giok dan ayahnya yang tadinya sudah saling menempel. Apalagi seruan ini membuat Im Giok sadar dari keadaannya seperti kemasukan iblis tadi, akan tetapi masih belum melenyapkan kemarahan dan nafsu membunuhnya. Ia melompat mundur dan masih memasang kuda-kuda dengan tangan kiri terbuka jari-jarinya menengadah ke atas dan tangan kanan memegang pedang di depan dada, dalam sikap hendak menusuk.

Adapun Kiang Liat juga berdiri memasang kuda-kuda seperti patung, tangan kiri menempel di dada kiri dan tangan kanan memegang pedang melintang di dada. Wajahnya meringis seperti orang kesakitan dan hidungnya kembang kempis.

“Sumoi, kau gila! Bagaimana kau menyerang ayahmu sendiri? Lepaskan pedangmu!” teriak Kim Lian, akan tetapi Im Giok seperti dalam mimpi, tidak mau melepaskan pedang dan memandang ke depan dengan mata terbelalak marah.

“Sumoi, lepaskan pedang! Kalau tidak terpaksa aku akan menyerangmu, aku harus membantu Suhu!” teriak pula Kim Lian dengan suara keras sambil melangkah maju dengan pedang di tangan.

Ia maklum bahwa kepandaiannya masih kalah kalau dibandingkan dengan sumoinya, akan tetapi dalam keadaan seperti ini ia harus berani membantu suhunya.

Ketika Im Giok tetap tidak bergerak, Kim Lian bergerak menyerang sambil berkata,
“Kau membandel? Baik, lihat serangan pedangku!”

“Traangg…!” Pedang di tangan Kim Lian terlepas dari pegangan dan gadis itu berseru kaget.

“Kim Lian, pergi kau! Jangan ikut-ikut!”

Kiang Liat membentak setelah menangkis pedang muridnya sehingga terlepas. Dengan wajah kecewa dan juga gelisah Kim Lian terpaksa mengundurkan diri keluar dari kamar itu.

Sementara, tadi ketika menangkis pedang muridnya, Kiang Liat telah sadar kembali dari keadaan gilanya sehingga mukanya menjadi biasa, bahkan nampak ia berduka bukan main. Sepasang matanya memandang sayu dan mulai membasah dengan air mata, bibirnya bergerak gemetar seperti menahan isak tangis.

Melihat ini, Im Giok tiba-tiba sadar dan teringat betapa kurang ajarnya kelakuan melawan ayahnya ini. Ia bahkan terkejut sekali mengapa ia sampai bisa menyerang ayahnya seperti itu. Melihat ayahnya seperti orang hendak menangis, runtuhlah hatinya dan ia tidak berani memandang lebih lama lagi. Ia berdiri seperti patung dan memejamkan matanya, air matanya bercucuran bagaikan hujan.

“Ayah… aku berdosa… kau bunuhlah aku… Ayah, jangan kepalang tanggung, tusuk dadaku… biar aku ikut kekasihku.”

Im Giok melepaskan pedangnya yang jatuh berkerontangan di atas lantai, lalu ia melangkah maju sambil meramkan mata, memasang dada untuk ditusuk pedang.

“Gan-koko… kau tunggulah aku…” bisiknya sayu.

Akan tetapi tusukan yang dinanti-nantinya tak kunjung tiba. Bahkan terdengar keluhan panjang, disusul oleh suara muntah-muntah dan robohnya tubuh yang berat di atas lantai. Im Giok membuka matanya dan… ayahnya telah menggeletak, dan dari mulutnya mengalir darah yang dimuntahkannya tadi.

“Ayaaaahhh…!” jerit Im Giok menubruk dan memeluk tubuh ayahnya.

Diangkat kepala ayahnya yang sudah lemas itu dan dipangkunya, tidak peduli betapa darah yang dimuntahkan oleh ayahnya tadi menodai pakaiannya. Diraba-rabanya jidat ayahnya kemudian dadanya…

“Ayaaaahhh…!”

Dunia serasa gelap kamar itu seperti terputar-putar dan Im Giok roboh pingsan di dekat ayahnya yang ternyata telah putus nyawanya. Karena tekanan batin yang luar biasa, Kiang Liat yang semenjak ditinggal mati isterinya telah menderita sakit jantung, tak kuat menahan, jantungnya pecah dan ia meninggal dunia di saat itu juga.

Kim Lian datang berlari-lari dan menubruk Im Giok sambil menangis. Diperiksanya keadaan Kiang Liat dan ia pun memanggil-manggil dengan suara mengharukan.

“Suhuuu…!”

Kim Lian benar-benar berduka kali ini. Di dalam hatinya ia memang memuja suhunya dan menganggap suhunya sebagai pengganti orang tuanya. Bahkan lebih dari itu, dahulu pernah ia mengagumi suhunya dan “ada hati” kepadanya. Sekarang melihat keadaan suhunya yang meninggal dunia secara demikian menyedihkan, bagaimana hatinya tidak merasa hancur?

Setelah puas menangisi Kiang Liat dan semua pelayan datang bertangisan pula, Kim Lian lalu menubruk dan memeluki sumoinya. Ia amat sayang kepada Im Giok yang semenjak kecil menjadi saudara seperguruan, kawan bermain-main dan dianggap sebagai adik kandungnya sendiri. Kini ia hanya hidup berdua dengan Im Giok, tak berayah tak beribu, tidak berhandai taulan pula. Dengan hati hancur Kim Lian memondong tubuh adik seperguruannya, dibawa ke kamarnya dengan langkah sempoyongan.

Setelah siuman dari pingsannya dan mendapatkan dirinya berada di dalam pelukan Kim Lian di atas pembaringang, Im Giok teringat akan semua yang terjadi dan cepat ia bangkit duduk dan bertanya,

“Ayah…? Bagaimana…?”

Kim lian tidak dapat menjawab, bahkan tangisnya makin menjadi sambil memeluk pundak Im Giok. Im Giok seketika menjadi ingat akan semuanya dan ia melompat turun dari atas pembaringan.

“Ayaaaahhh!”

Akan tetapi Kim Lian cepat memeluknya dan sambil menciuminya berkata,
“Adikku… adikku sayang… tenangkanlah hatimu, ayahmu sudah… meninggalkan kita dan sekarang sedang dirawat. Tenanglah Sumoi, tenanglah, pergunakan kekuatan batinmu…”

Im Giok memejamkan matanya. Ia teringat bahwa bukan laku seorang gagah untuk kalap terhadap desakan hati, maka ia lalu mengatur napasnya dan kedua orang gadis dengan berdiri saling berpelukan untuk beberapa diam tak bergerak. Akhirnya Im Giok berkata lemah,

“Suci, aku harus dekat dengan jenazahnya…”

Kim Lian mengangguk dan dengan masih saling peluk dua orang gadis ini lalu berjalan ke ruangan tengah di mana jenazah Kiang Liat sedang dirawat. Mereka duduk berlutut memandang dengan wajah pucat, mata sayu dan kadang-kadang air mata menggelinding keluar.






Tidak ada komentar :