*

*

Ads

Selasa, 02 April 2019

Ang I Niocu Jilid 079

Enam bulan telah lewat semenjak peristiwa itu terjadi. Akan tetapi Im Giok masih saja berkabung, berpakaian serba putih sederhana sekali dan setiap hari orang tentu mendapatkannya di tanah pekuburan, di mana ia bersembahyang di depan kuburan ayahnya atau di depan kuburan Gan Tiauw Ki secara bergiliran.

Kadang-kadang nampak ia menangis tersedu-sedu di depan dua kuburan itu atau hanya duduk bengong seperti orang kehilangan semangat. Hiburan-hiburan yang diberikan oleh Kim Lian sama sekali tidak ada artinya karena tidak pernah diacuhkan. Selama enam bulan ini, Im Giok tidak mempedulikan pula makan dan tidur sehingga hidupnya tidak teratur, mukanya kurus pucat dan rambutnya awut-awutan.

Sebaliknya, Kim Lian dengan cepat dapat melupakan kesedihannya. Setelah lewat tiga bulan, ia telah melepas pakaian berkabung dan kembali memakai pakaian yang indah-indah. Bahkan kini ia kembali menjadi binal karena tidak ada yang mengawasinya. Suhunya sudah meninggal dan Im Giok orang satu-satunya yang disegani keadaannya seperti gila dan tidak peduli. Maka kembali Kim Lian menyeleweng dan melakukan hal-hal yang tidak patut dilakukan oleh seorang gadis baik-baik.

Pada suatu hari pagi-pagi sekali Im Giok sudah kelihatan duduk di atas batu di depan bong-pai (batu nisan) kuburan ayahnya, duduk bengong dan tidak pernah bergerak sehingga kelihatan dari jauh seperti sebuah arca penghias bong-pai. Ia tenggelam dalam lamunannya sendiri sampai-sampai tidak tahu apa yang terjadi di sekelilingnya.

Gadis ini, tak dapat melupakan wajah kekasihnya dan wajah ayahnya. Dua orang ini adalah orang-orang yang dicintanya, dan sekarang keduanya telah meninggalkannya, dan keduanya tewas dalam keadaan yang amat menyedihkan.

Tiba-tiba terdengar suara halus di belakangnya,
“Im Giok, kau masih hidup mengapa semangatmu berkeliaran di alam baka? Kembalilah ke dunia!”

Kalimat terakhir diucapkan sebagai perintah dan suaranya mengandung tenaga dan pengaruh yang luar biasa sekali sehingga Im Giok bagaikan disambar petir dan sadar seketika itu juga. Gadis ini terkejut dan menengok.

“Susiok-couw…!”

Im Giok menjatuhkan diri berlutut di depan seorang kakek yang ternyata bukan lain adalah Bu Pun Su. Kakek ini mengelus-elus jenggotnya sambil menundukkan muka memandang kepada gadis yang bercucuran air mata di depannya itu. Terdengar helahan napasnya sampai tiga kali.

“Hemmm, memang banyak hal-hal yang aneh di dunia ini, keanehan yang merupakan kekuasaan indah dari kekuasaan Thian! Manusia boleh berdaya upaya sekuat tenaga, akan tetapi tak dapat keluar dari ikatan karena yang menimbulkan nasib tersendiri.”

Im Giok masih menangis terisak-isak dan Bu Pun Su tidak mengganggunya karena kakek sakti ini maklum bahwa obat yang paling baik di saat itu bagi Im Giok adalah menangis sepuasnya, tangis yang sungguh-sungguh sebagai peluapan perasaan yang mendesak memenuhi dada, sebagai pelepas hawa berbahaya yang mengancam isi dada.

Bu Pun Su sendiri mengenang segala peristiwa yang ia hadapi selama enam bulan ini dan berkali-kali ia menghela napas. Sebagaimana telah dituturkan di bagian depan, dalam usahanya untuk menolong negara dan mencegah pemecah-belahan di antara orang-orang gagah agar tenaga dapat disatukan untuk memperkuat keadaan negara dan menjaga negara dari ancaman musuh, Bu Pun Su menyuruh Kiang Liat pergi ke Go-bi-pai, menemui Twi Mo Siansu.

Dia sendiri pergi ke Pulau Pek-le-tho untuk mencari Han Le yang hendak ia suruh pergi ke Thian-san dengan maksud yang sama, karena setelah itu ia pun mau pergi ke Kun-lun-pai. Dan sebagaimana telah dituturkan di bagian depan, ia menemui kekecewaan luar biasa di Pulau Pek-le-tho, di mana ia mendapatkan Han Le berada di bawah pengaruh Bi Sian-li Pek Hoa Pouwsat, dijadikan kekasihnya dan bahkan dengan bantuan Han Le, Pek Hoa Pouwsat telah membunuh dua orang tokoh Siauw-lim-pai dan seorang tokoh Kun-lun-pai di Pulau Pek-le-tho!

Kemudian dalam marahnya, Bu Pun Su menghajar Han Le dan mengusir Pek Hoa Pouwsat, kemudian menghukum Han Le tidak boleh keluar dari pulau itu selamanya. Setelah ini dengan hati mengkal sekali Bu Pun Su pergi melakukan perjalanannya ke Kun-lun-san. Akan tetapi, baru saja ia tiba di kaki pegunungan Kun-lun-san, ia bertemu dengan serombongan tosu Kun-lun-pai yang begitu melihat dia terus saja mengepung dan menyerangnya!

Tosu-tosu Kun-lun-pai ini adalah tosu-tosu tingkat tinggi yang berkepandaian lihai, jumlah mereka ada tiga puluh orang. Bu Pun Su terkejut sekali.

“Tahan…! Aku Bu Pun Su mempunyai kesalahan apakah?” serunya akan tetapi ia harus mengelak ke sana ke mari karena pedang dan golok beterbangan menyambarnya dari segala jurusan dalam gerakan yang luar biasa cepatnya.






Para tosu Kun-lun-pai ini sudah mendengar tentang kelihaian Bu Pun Su, maka mereka tidak mau memberi hati, tidak mau memberi kesempatan dan mendahului dengan serangan serentak.

Akan tetapi mereka kecele kalau mengira bahwa dengan mengandalkan banyak orang akan dapat merobohohkan Bu Pun Su begitu saja. Melihat betapa para tosu itu tidak ada yang mau menjawabnya dan melanjutkan serangan-serangan mereka yang dahsyat, timbul penasaran dalam hati kakek ini. Ia lalu mulai menggerakkan ilmu silatnya yang aneh dan luar biasa. Tangan kanannya digerakkan dengan jari tangan terbuka merupakan cakar burung, yang aneh sekali gerakannya dan tiap kali menyambar dan menyambut pedang atau golok, senjata itu dengan mudah kena dirampasnya dan dicengkeram sampai patah-patah!

Adapun tangan kirinya digerakkan dengan gerakan berlainan lagi lambat-lambat dan seperti orang menulis huruf-huruf besar, akan tetapi dari tangan ini keluar uap putih mengepul dan tiap kali senjata lawan terlanggar oleh hawa pukulan tangan kiri ini, menjadi terpental dan orangnya menjerit kesakitan lalu melompat mundur!

Inilah dua macam ilmu silat yang tiada keduanya di dunia persilatan waktu itu. Tangan kanan Bu Pun Su telah bergerak dan mainkan ilmu silat ciptaannya sendiri yang bernama Kong-ciak Sin-na (Ilmu Silat Burung Merak Sakti) sedangkan tangan kirinya memainkan bagian ilmu silat Pek-in-hoat-sut (Ilmu Sihir Awan Putih). Sekaligus dua tangan dapat mainkan dua macam ilmu silat yang amat berlainan sifat dan gerakannya, benar-benar hanya Bu Pun Su seorang yang kiranya dapat melakukannya!

Akan tetapi, sesuai dengan sifatnya Bu Pun Su sama sekali tidak melukai para pengeroyoknya, kalaupun ada yang terluka, itu hanya luka di kulit yang tidak berarti saja. Namun, tetap saja para pengeroyok menjadi kacau-balau karena pedang dan golok mereka dengan cara yang aneh sekali dapat terampas, dipatahkan ataupun dibikin terpental entah ke mana.

Sedangnya ribut-ribut dengan para tosu mulai gencar, tiba-tiba dari puncak bukit berlari seorang kakek tua. Kakek ini seorang tosu yang rambut dan jenggotnya sudah putih semua, pakaiannya sederhana dan kelihatannya seperti seorang tua renta yang amat lemah.

Akan tetapi kalau melihat cara ia menuruni bukit itu, orang akan terheran-heran karena biarpun ahli silat yang bertubuh tinggi tegap takkan mungkin dapat melakukan hal ini. Bagaikan terbang cepatnya kakek itu berlari cepat, seakan-akan kedua kakinya tidak menginjak bumi dan jubahnya berkibar-kibar di belakangnya saking cepatnya ia lari.

“Bu Pun Su, apakah kau hendak memamerkan kepandaianmu di Kun-lun-san?”

Kakek itu menegur setelah tiba di tempat pertempuran dan para murid Kun-lun-pai itu cepat-cepat berdiri di pinggiran sambil memberi hormat.

Bu Pun Su tertawa bergelak,
“Ha, ha, ha, Keng Thian Siansu. Baru bertemu pertama kali kau sudah mengenalku, benar-benar lihai sekali matamu.”

“Kaupun datang-datang sudah dapat mengenalku, Bu Pun Su. Sekali lagi aku bertanya, apakah kau datang-datang hendak memamerkan kepandaianmu di Kun-lun-san?”

“Ha, ha, ha, Keng Thian Siansu, alangkah jauh bedanya antara engkau dan mendiang Seng Thian Siansu sahabat baikku yang sudah mendahului kita kembali ke alam bebas itu. Agaknya kau harus banyak belajar dari mendiang suhengmu Seng Thian Siansu itu, meneliti diri sendiri sebelum menyalahkan orang lain.”

“Apa maksudmu?”

“Sudah puluhan tahun semenjak Seng Thian Siansu masih hidup, aku tidak pernah menginjakkan kaki di sini. Akan tetapi sekarang, dengan maksud baik aku datang. Eh, tidak tahunya kau sudah menyambut kedatanganku secara berlebihan, dengan tiga puluh orang lebih anak murid Kun-lun-pai, dan masing-masing menghadiahi sebatang golok atau pedang! Bukankah kau sudah membadut secara berlebihan sekali?”

Ucapan Bu Pun Su ini memang merupakan sindiran karena ia merasa mendongkol juga, tiada hujan tiada angin tahu-tahu ia diserang begitu hebat oleh begini banyak tosu Kun-lun-pai, tanpa diberi kesempatan untuk membela diri. Kalau dia tidak pandai menghindarkan diri dari serangan-serangan itu, bukankah tubuhnya sudah hancur dan nyawanya menghadap Giam-kun tanpa mengetahui apa kesalahannya?

Keng Thian Siansu tersenyum sindir sambil memukul-mukulkan tongkatnya di depan kakinya. Para tosu yang lain juga memandang penuh nafsu amarah terbayang di pandangan mata mereka.

Diam-diam Bu Pun Su terkejut melihat ini dan tidak mau main-main lagi melainkan mendengarkan dengan penuh perhatiannya apa yang akan diucapkan oleh Ketua Kun-lun-pai.

“Bu Pun Su, sudah lama pinto mendengar bahwa engkau adalah seorang pendekar sakti yang bijaksana dan pembela keadilan. Akan tetapi sekarang pinto kecewa. Tadi kau menyatakan bahwa orang harus meneliti diri sendiri sebelum menyalahkan orang lain, bukankan begitu?”

“Benar, Kheng Thian Siansu.”

“Kalau begitu mengapa kau menyalahkan anak murid Kun-lun-pai dan tidak lekas-lekas mengakui dosa-dosamu?”

Bu Pun Su tercengang, akan tetapi ia masih tersenyum ramah.
“Eh, eh, jangan kau main-main, tosu tua! Memang aku banyak dosa, manusia hidup siapakah yang tidak menumpuk dosa? Akan tetapi kalau dosaku tidak ada sangkut-pautnya dengan kau, apakah aku harus mengakui semua dosaku dan rahasia hidupku yang dulu-dulu dihadapanmu? Memangnya siapakah kau ini? Wakil dari Giam-lo-ong?”

“Bu Pun Su, tak perlu kau membadut untuk menutupi kedosaanmu terhadap kami! Kau telah membunuh murid keponakan pinto Cin Giok Sianjin, dan kau masih bilang tidak mempunyai dosa terhadap Kun-lun-pai?”

Bu Pun Su yang mempunyai kecerdikan yang luar biasa dan jalan pikirannya amat tangkas dan cepat, maka seketika tahulah ia bahwa ini tentu ada hubungan dengan kematian Cin Giok Sianjin di pantai Pulau Pek-le-tho!

Akan tetapi bagaimanakah Kun-lun-pai demikian cepat mendengar tentang hal ini dan mengapa pula menuduh dia? Padahal yang membunuh tokoh Kun-lun-pai itu adalah Bi Sian-li Pek Hoa Pouwsat, dibantu oleh Han Le. Karena ia merasa bahwa betapapun juga, Han Le ikut bersalah dalam hal ini dan Han Le adalah adik seperguruannya, terpaksa ia mengalah dan berlaku sabar.

“Keng Thian Siansu, nanti dulu. Tentang kematian Cin Giok Sianjin aku dapat memberi penjelasan. Akan tetapi yang aneh sekali, bagaimana kalian bisa tahu begitu cepatnya? Dan mengapa pula menuduh aku yang melakukan perbuatan itu?”

“Dari mana pinto mengetahui, bukanlah persoalan. Pendeknya kami tahu bahwa Cin Giok Sianjin telah tewas olehmu di dalam pulau di mana dahulu kau bertapa.”

Bu Pun Su menarik napas panjang. Ia dapat menduga setelah otaknya yang luar biasa bekerja cepat.

“Hemm, tentu siluman betina itu baru saja meninggalkan puncak Kun-lun-san! Keng Thian Siansu, apakah kau begitu mudah mau percaya omongan seorang seperti Pek Hoa Mo-li (Iblis Wanita Pek Hoa) itu?”

Bu Pun Su sengaja merubah sebutan Pek Hoa Pouwsat menjadi Pek Hoa Mo-li. Pouwsat berarti Dewi sedangkan Mo-li berarti Iblis Betina.

“Apakah ketika dia bercerita bahwa aku yang membunuh Cin Giok Sianjin, dia bicara sambil menggoyang-goyang tubuh seperti pohon yang liu tertiup angin musim chun, matanya mengerling-ngerling seperti bintang-bintang di langit dan bibirnya tersenyum-senyum manis sehingga semua orang yang mendengarnya menjadi percaya penuh?”

Wajah Keng Thian Siansu menjadi merah sekali. Memang, biarpun agak berlebih-lebihan semua dugaan Bu Pun Su ini cocok dengan keadaannya. Pagi hari itu memang Bi Sian-li Pek Hoa Pouwsat mengunjungi Kun-lun-san dan bercerita dengan sikapnya yang genit sekali bahwa Cin Giok Sianjin dibunuh oleh Bu Pun Su, dan bahwa Pek Hoa Pouwsat sendiri yang hendak mencegah perbuatan itu sampai terluka pula oleh Bu Pun Su!

“Bu Pun Su, pinto sendiri memang masih meragukan keterangan dari Pek Hoa Pouwsat. Akan tetapi selain kau, siapakah yang sanggup membunuh Cin Giok Sianjin dan dua orang tokoh Siauw-lim-si yang berkepandaian tinggi? Dan pula, apa perlunya Pek Hoa Pouwsat datang-datang ke Kun-lun-san dan membohong? Ditambah lagi kedatanganmu di sini benar-benar kesemuanya menimbulkan kecurigaan kami. Kalau kau beri penjelasan, katakanlah apa yang terjadi di Pek-le-tho. Apakah betul-betul Cin Giok Sianjin terbunuh?”






Tidak ada komentar :