*

*

Ads

Rabu, 17 April 2019

Pendekar Bodoh Jilid 011

“Baiknya tidak ada yang lancang tangan, kalau tidak demikian, tentu aku terpaksa merobohkan beberapa orang lagi!”

Wanita itu berkata seakan-akan kepada diri sendiri, tetapi cukup keras sehingga terdengar oleh Giok Im Cu dan kedua kawannya.

Giok Im Cu menjura ke arah wanita itu dan berkata perlahan, juga seperti kepada diri sendiri,

“Kami Sam-lojin (Tiga Orang Tua) bukanlah orang-orang usilan.”

Maka tertawalah wanita itu dan kini suara tawanya seperti mengejek. Lalu pergilah ia turun gunung dengan cepat sekali sehingga bajunya yang hijau itu berkibar-kibar ke belakang di bawah rambutnya yang hitam dan juga berkibar-kibar tertiup angin di belakangnya. Dipandang dari jauh, ia seperti seekor kupu-kupu besar melayang-layang. Suara ketawanya lambat laun lenyap dari pendengaran.

Giok Im Cu menghela napas.
“Mengapa iblis wanita itu bisa berada di sini?” katanya perlahan seakan-akan kepergian wanita itu membuat dadanya merasa lega.

“Totiang, siapakah perempuan yang pandai menari itu?”

Giok Yang Cu tertawa mendengar kata-kata ini.
“Dasar kau tolol! Sehari penuh tidur terus, dan kini setelah bangun bicara tidak karuan. Kau anggap dia itu menari-nari? Ha-ha-ha!”

Giok Im Cu berkata sambil menghela napas lagi.
“Mana kau tahu? Tarian itu justru kepandaiannya yang membuat ia ditakuti orang dan sukar sekali dilawan. Itulah ilmu silat yang disebut Tari Biang Iblis! Oleh karena kepandaian ini maka dia disebut Giok-gan Kuibo (Biang Iblis Bermata Intan) dan namanya menggemparkan seluruh permukaan bumi.”

“Tetapi mengapa Sam-wi takut kepada iblis itu?” tanya Cin Hai penasaran.

“Takut sih tidak,” jawab Giok Keng Cu yang semenjak tadi diam saja, “hanya saja, kita tidak tahu seluk-beluk urusan mereka, mengapa harus ikut campur dengannya?”

Tetapi pernyataan Cin Hai ini membuat ketiga tosu itu ingat akan laki-laki yang masih rebah di atas tanah, maka buru-buru mereka lalu menghampiri. Laki- laki yang rebah terlentang dengan wajahnya yang telah pucat itu kini makin kuning dan kedua matanya meram.

Ketika Giok Im Cu perlahan meraba pundak orang itu, tahulah ia bahwa orang itu telah mendapat luka dalam yang cukup hebat, walaupun tidak dapat dikatakan membahayakan jiwanya. Maka Giok Im Cu lalu menggunakan kepandaiannya menotok dan mengurut pundak yang terluka oleh tangan Giok-gan Kuibo yang halus putih tetapi ganas lihai itu!

Laki-laki itu siuman dan membuka matanya. Ia tersenyum pahit ketika melihat tiga orang tosu itu.

“Kanglam Sam-lojin?” tanyanya perlahan.

Giok Im Cu mengangguk.
“Sicu siapakah dan mengapa sampai bertempur dengan dia?”

Laki-laki itu kembali tersenyum lalu duduk.
“Siauwte Kang Ek Sian sungguh tak mengukur kepandaian sendiri dan telah berani menempur Giok-gan Kouwnio (Nona Bermata Intan), sungguh tak tahu diri!” jawaban ini merupakan tangkisan terhadap pertanyaan Giok Im Cu, maka orang tua itu maklum bahwa orang tak suka menceritakan sebab pertempurannya.

“Untung bagimu ia masih berlaku murah hati dan tidak menjatuhkan maut,” ia berkata singkat lalu mengajak kedua kawannya dan Cin Hai untuk meninggalkan tempat itu.






“Totiang, sebenarnya sampai di manakah kelihaian iblis wanita itu? Kulihat ia hanya seorang perempuan cantik yang lemah lembut, galak dan aneh sikapnya,” kata Cin Hai yang sungguh-sungguh tidak mengerti mengapa seorang perempuan seperti itu ditakuti oleh tokoh-tokoh yang berilmu tinggi ini.

“Ha-ha-ha, anak tolol, dengarlah!” kata Giok Yang Cu dan Cin Hai segera berjalan mendekatinya.

Ia memang gemas dan mendongkol sekali disebut tolol dan bodoh oleh tosu tinggi besar ini tetapi sebaliknya ia senang karena Giok Yang Cu selalu berterus terang kepadanya.

“Perempuan yang kau anggap lemah-lembut itu, yang disebut orang-orang kang-ouw sebagai Biang Iblis Bermata Intan, dengan kedua tangan kosong dan seorang diri saja telah naik ke Cin-liong-san dan mengobrak-abrik sarang berandal The Kok, membinasakan lebih dari dua puluh tauwbak dan kepala berandal dan membasmi lebih dari tiga puluh liauwlo (anak buah perampok), dan yang seorang diri saja telah mendatangi hampir seluruh jagoan di daerah selatan untuk dicoba kepandaiannya. Dan tahukah kau, bahwa selama itu hanya baru beberapa kali saja ia tidak dapat merobohkan orang? Pendeknya, jarang ada orang yang dapat mengalahkan dan karena tangannya yang terkenal ganas, banyak orang merasa segan untuk berurusan dengan dia!”

“Dan lagi,” sambung Giok Keng Cu si Tosu Pendek, “coba kau lihat yang seorang lagi. Lebih hebat lagi!” Dan tiba-tiba Si Pendek itu memperlihatkan muka jerih.

“Yang satu lagi siapakah itu?” tanya Cin Hai dengan ingin sekali tahu.

Kini Giok Yang Cu yang melanjutkan kata-kata sutenya.
“Yang dimaksudkan oleh Sute tadi ialah seorang wanita lain yang sifatnya sangat berlainan dengan Piok-gan Kuibo. Wanita ini adalah Sumoinya (Adik Perempuan Seperguruan) yang berjuluk Ang I Niocu (Si Nona Baju Merah) dan yang selalu berpakaian merah. Nona ini masih muda dan kepandaiannya mungkin masih berada di atas kepandaian Sucinya (Kakak Perempuan Seperguruannya) itu! Ang I Niocu pernah seorang diri naik ke Bu-tong-san dan menantang adu tenaga dengan semua tokoh Bu-tong-san dan ternyata ilmu pedangnya belum pernah dikalahkan orang!”

Mendengar kelihaian-kelihaian demikian hebatnya itu, Cin Hai meleletkan lidah saking kagumnya.

“Hebat sekali!” serunya kagum.

Mereka lalu melanjutkan perjalanan dan Cin Hai yang digandeng tangannya oleh Gak Im Cu, merasa tubuhnya tergantung dan tak menginjak tanah, tetapi ia maju cepat sekali, hingga angin dingin berkesiur di kanan-kiri kepalanya. Jurang-jurang yang tidak berapa besar dilompati begitu saja oleh ketiga tosu itu hingga berkali-kali Cin Hai terpaksa meramkan mata karena ngeri memandang ke bawah. Ia diam-diam berpikir bahwa di dunia ini ternyata banyak sekali orang pandai yang luar biasa.

Baru ketiga tosu ini saja kepandaiannya sudah demikian hebatnya, apalagi tadi ia mendengar betapa mereka ini masih memuji-muji kepandaian orang lain, maka dapat dibayangkan betapa hebatnya kepandaian orang-orang yang mereka puji itu! Maka timbullah keinginan di dalam hatinya untuk belajar keras agar ia pun bisa memiliki kepandaian itu sehingga kelak tiada lagi orang di dunia ini yang berani memaki dan menghinanya.

Di sepanjang jalan, orang-orang yang melihat Cin Hai tertawa geli karena di dalam pakaian yang besar dan longgar itu, Cin Hai yang gundul memang nampak lucu dan aneh sekali.

“Mungkin anak gila,” terdengar orang berkata.

“Mungkin karena tololnya maka memakai pakaian demikian besarnya,” kata orang lain.

Ketiga tosu merasa kasihan dan berkata kepada Cin Hai untuk membiarkan pakaiannya diubah, dikecilkan dan dijahit pula. Tetapi dengan keras hati dan bersungut-sungut Cin Hai menjawab.

“Tidak, biarkan sajalah! Biarkan anjing-anjing itu menggonggong, mereka tidak akan menggigit! Biarkanlah, teecu tidak merasa sakit dengan gonggongan mereka!”

Tiga orang tosu itu saling pandang dan mereka kagum akan kekerasan dan ketabahan hati anak ini. Dan untuk memperlihatkan bahwa ia benar-benar tidak peduli kepada semua orang yang mentertawakannya itu, Cin Hai mengeluarkan suling bambunya dan sambil berjalan dengan para tosu itu, ia meniup sulingnya memainkan beberapa lagu merdu!

Tiga hari kemudian sampailah mereka di daerah Kanglam. Dengan menggunakan ilmu lari cepat, Kanglam Sam-lojin itu membawa Cin Hai ke dalam sebuah hutan yang sangat liar dan luas. Di tengah-tengah hutan itu, berbeda dengan tempat yang penuh alang-alang, rumput dan pohon-pohon tua dan liar, terdapat sebuah lapangan rumput bersih dan indah permai. Dan di tengah-tengahnya terdapat sebuah gunung kecil kecil yang ditumbuhi pohon-pohon liu, sedangkan bunga-bunga berwarna tumbuh di kaki gunung itu.

Di sebelah kiri terdapat mulut gua yang lebar dan gelap. Inilah tempat tinggal Kanglam Sam-lojin. Benar-benar tempat yang indah menyenangkan. Di dekat guha terdapat sumber air yang memancar keluar dan mengalir merupakan beberapa anak sungai kecil yang airnya berdendang tiada hentinya, bermain-main dengan batu-batu yang hitam dan halus. Burung-burung memenuhi pohon-pohon dan tiada hentinya berkicau.

Cin Hai merasa senang sekali berada di tempat itu. Biarpun mulut gua itu tampak gelap, tetapi setelah masuk ke dalam, terdapat penerangan matahari yang masuk melalui beberapa lubang di kanan kiri yang menembus atas gunung.

Semenjak hari itu, Cin Hai mulai menerima latihan silat tingkat permulaan dari ketiga tosu itu dengan bergantian. Sering sekali ketiga pendeta itu keluar dari situ dan pergi untuk berbulan-bulan lamanya, kadang-kadang hanya seorang yang pergi, kadang-kadang berdua, ada kalanya bertiga dan Cin Hai ditinggal seorang diri.

Kanglam Sam-lojin, tiga orang tua dari Kanglam itu adalah saudara-saudara seperguruan, maka kepandaian mereka berasal dari satu cabang persilatan yakni cabang persilatan Liong-san-pai.

Hanya saja ketiganya mempunyai keistimewaan khusus, yakni seperti telah diketahui pada permulaan cerita ketika mereka bertempur menghadapi Hai Kong Hosiang pendeta pemelihara ular itu.

Giok Im Cu yang tinggi kurus adalah ahli lweekeh (tenaga dalam) yang telah mencapai tingkat tinggi hingga pada waktu bertempur, segala macam benda jika terjatuh di dalam tangannya berubah menjadi senjata ampuh, hingga karena mengandalkan tenaga lweekangnya, Giok Im Cu tak pernah memegang senjata. Dulupun di waktu menghadapi Hai Kong Hosiang ia cukup menggunakan sebatang ranting kayu.

Sebaliknya daripada suhengnya Giok Yang Cu adalah seorang tosu tinggi besar yang memiliki tenaga luar (gwakang) yang luar biasa dan kulitnya telah dilatih sedemikian rupa sehingga menjadi kebal dan keras. Di samping itu, ia mahir sekali memainkan pedang yang digerakkan olehnya secara luar biasa cepat dan kerasnya. Tentu saja ilmu pedangnya adalah Liong-san-kiam-hoat yang memang terkenal mempunyai gerakan-gerakan yang cukup lihai.

Tosu ke tiga kalau dipandang begitu memang dapat menimbulkan pandangan rendah karena tubuhnya yang kecil itu kelihatan tak bertenaga. Tetapi janganlah orang memandang rendah padanya, karena tosu kate ini kepandaiannya tidak kalah oleh kedua suhengnya! Keistimewaannya ialah melepas piauw (senjata rahasia) yang bersayap di kanan kiri sehingga disebut hui-piauw atau piauw terbang! Selain ini, ia memiliki ginkang yang paling sempurna di antara kedua suhengnya sehingga gerakannya lincah, cepat dan ringan sekali.

Biarpun Cin Hai bukan termasuk anak luar biasa yang mempunyai kecerdasan hebat, namun ia pun tidak sangat tumpul otaknya, dan baiknya ia memiliki ketekunan kepada sesuatu yang disukainya. Justeru ia suka ilmu silat dan semenjak dulu ia ingin sekali mempelajarinya. Apalagi ketika ia sering menerima pukulan dan hinaan, keinginannya untuk belajar silat lebih bernafsu lagi.

Kini sekaligus ia mendapat didikan dari tiga orang lihai tentu saja ia tidak mau menyia-nyiakan kesempatan baik ini. Tanpa mengenal lelah ia menerima pelajaran dan berlatih siang malam hingga kadang-kadang lupa makan lupa tidur.

Karena ketiga tosu itu memang bukan ahli mendidik dan pula karena mereka memberi pelajaran kepada Cin Hai hanya semata-mata karena merasa berhutang budi dan hendak membalasnya bukan berdasarkan kasih sayang seorang guru terhadap murid, maka mereka memberi pelajaran tanpa mengenal waktu dan tanpa memakai peraturan lagi!

Mereka berganti-ganti memberi pelajaran silat Liong-san-kun-hoat dengan cepat sekali, padahal Ilmu Silat Liong-san-pai ini mempunyai seratus delapan jurus dan setiap jurus mempunyai pecahan-pecahan sedikitnya tiga macam, hingga seorang anak-anak seperti Cin Hai yang menerima pelajaran ini secara bertubi-tubi mana dapat mengingatnya?

Selain itu, Ilmu Silat Liong-san-pai bukanlah ilmu silat sembarangan yang dapat digerakkan oleh sembarang orang. Untuk mempelajari satu jurus dengan masak dan sempurna saja membutuhkan latihan-latihan keras berhari-hari.

Memang ketiga tosu itu karena penolakan Cin Hai yang tidak mau mengangkat mereka sebagai guru, membuat mereka menjadi kurang perhatian dan kurang mengacuhkan anak itu lagi. Mereka pikir bahwa jika anak itu diberi kepandaian asli sampai sempurna, padahal ia bukan anak murid Liong-san-pai maka jika kelak menodai nama Liong-san-pai mereka tak berhak melarangnya, karena ia bukan anak murid Liong-san-pai.






Tidak ada komentar :