*

*

Ads

Minggu, 28 April 2019

Pendekar Bodoh Jilid 035

Ketika dengan hati berdebar-debar Ang I Niocu memasuki Gua Tengkorak itu, ia melihat Bu Pun Su duduk bersila menghadapi hiolouw yang mengepulkan asap putih. Ia tidak melihat Cin Hai di situ dan diam-diam ia merasa kecewa dan kuatir.

Segera ia menjatuhkan diri berlutut dan berkata,
“Susiok-couw, teecu datang menghadap.”

“Bagus, Im Giok, kau telah kembali. Bagaimana dengan usahamu mencari Kim Lian?”

Dengan panjang lebar Ang I Niocu menceritakan pengalamannya dan ketika ia menceritakan keputusan sucinya yang nekad dan mencukur rambut untuk masuk menjadi nikouw, tak tertahan pula ia mengucurkan air mata.

Bu Pun Su mengangguk-angguk dan menghela napas.
“Baik juga keputusannya itu. Betapapun dosa seseorang, asal dia dapat insyaf dan kembali ke jalan benar untuk selanjutnya menebus kekeliruan yang sudah-sudah dengan tindakan-tindakan sempurna, maka ia boleh disebut seorang bijaksana.”

Kemudian, setelah berdiam untuk beberapa lama sambil memandang wajah gadis yang tunduk itu dengan tajam, tiba-tiba Bu Pun Su berkata dengan suara sungguh-sungguh,

“Im Giok, kalau aku tidak salah sangka, luka di hatimu akibat gagalnya perjodohanmu dengan pemuda pilihanmu dulu agaknya sekarang telah sembuh dan kulihat kegembiraan hidupmu telah kembali. Anak, bagi seorang wanita, mendirikan rumah tangga yang baik dan penuh damai adalah jalan yang terutama untuk membebaskan diri dari pada godaan dunia dan untuk memenuhi tugas kewajiban sebagai seorang manusia. Lihatlah contohnya Sucimu itu, karena ia sebagai seorang gadis hidup seorang diri dan tidak mendirikan rumah tangga, maka banyak penggoda menyesatkan jalan hidupnya. Aku maklum bahwa kau mempunyai iman yang kuat dan batin yang bersih, akan tetapi, apa perlunya menyiksa diri dengan hidup menyendiri? Kau tidak mempunyai jodoh untuk menjadi seorang pendeta wanita yang takkan kawin selama hidupnya!”

Ang I Niocu mendengarkan kata-kata orang tua itu dengan hati berdebar, karena kata-kata itu memang tepat dan seakan-akan susiok-couwnya dapat membaca isi hatinya. Akan tetapi karena merasa malu, ia tidak berani mengangkat muka dan tetap bertunduk.

“Im Giok, baiklah kita berterus terang saja. Kau perlu mendapat seorang suami yang baik sekali, dan aku telah melihat seorang pria yang agaknya akan cocok untuk menjadi kawan hidupmu selamanya.”

Tiba-tiba wajah Ang I Niocu memerah dan hatinya makin berdebar. Timbul harapan yang diliputi kekuatiran di dalam hatinya. Siapakah orang laki-laki yang dimaksudkan oleh susioknya ini? Apakah Cin Hai?? Ia tak berani bertanya dan masih tetap tunduk.

“Kalau kau setuju, aku bersedia menjadi perantara, Im Giok. Biarlah aku akhiri masa hidupku untuk menjadi seorang comblang yang menghubungkan dua orang manusia sehingga menjadi suami isteri yang hidup rukun dan penuh kebahagiaan.”

Terpaksa Ang I Niocu menjawab dengan suara hampir tak terdengar,
“Susiok-couw, bagaimana teecu dapat menjawab kalau teecu tidak tahu siapa… orang yang dimaksudkan itu?”

“Ha-ha, Im Giok. Bukan orang yang tidak kau kenal, bahkan hubunganmu dengan dia akrab sekali!”

Makin berdebarlah hati Im Giok dan ia mendengar dengan penuh perhatian.

“Orang itu bukan lain ialah Kang Ek Sian! Aku telah tahu benar-benar akan perhubunganmu dengan dia dan telah kuketahui bahwa ia benar seorang baik dan patut dipuji. Bagaimana pendapatmu tentang hal ini, Im Giok?”

Bukan main kecewa rasa hati Ang I Niocu.
“Maaf, Susiok-couw, teecu… tidak… belum ingin mengikat diri dengan perjodohan!”

“Im Giok, jawabanmu ini sama artinya dengan penolakan! Katakanlah! Apakah Kang Ek Sian bukan seorang laki-laki yang baik?”

“Dia memang seorang baik, Susiok-couw, akan tetapi… bagaimana teecu dapat menjadi isteri seorang yang tidak… teecu cinta… ?”

“Aha, anak muda sekarang!” Bu Pun Su berseru. “Cinta membutakan mata, anak. Bukti-bukti telah menyatakan bahwa kerukunan dan saling mengerti dapat mendatangkan rasa cinta yang jauh lebih sempurna daripada cinta muda yang hanya terdorong oleh nafsu semata! Aku maklum bahwa kau telah tertarik hatimu oleh Cin Hai. Betulkah?”

Bukan main terkejutnya hati Ang I Niocu mendengar ini. Bagaimana kakek ini dapat mengetahui segalanya? Dapat mengetahui tentang segala persoalannya dengan Kang Ek Sian dan dapat tahu pula rahasia hatinya terhadap Cin Hai? Ia tak berani mengangkat muka dan hanya tunduk dengan muka sebentar pucat sebentar merah.

“Im Giok, kau telah mendekati jurang yang curam dan berbahaya! Kau boleh menaruh hati sayang kepada Cin Hai, akan tetapi bukan kasih sayang seorang wanita terhadap laki-laki. Seharusnya kasih sayangmu itu kau dasarkan atas rasa kasihan dan kecocokan tabiat. Ingatlah, berapa usiamu sekarang, dan berapa usia Cin Hai? Harus kuakui bahwa kau memang masih nampak muda sekali berkat telur burung rajawali putih dan berkat kecantikanmu, akan tetapi lewat sepuluh tahun lagi saja, kau akan menjadi tua dan Cin Hai masih tetap muda. Apakah hal ini tidak akan mendatangkan kepincangan sehingga akan merupakan gangguan hebat terhadap kebahagiaanmu? Pikirlah masak-masak dan sekarang pergilah!”

Mendengar kata-kata yang terus terang dan menusuk-nusuk hatinya ini, Ang I Niocu menangis tersedu-sedu hingga tubuhnya berguncang-guncang. Ia tidak melihat betapa Bu Pun Su memandangnya dengan sinar mata penuh iba hati.

“Im Giok, kelak kau akan ingat bahwa aku memberi semua nasihat ini semata-mata untuk kebaikanmu sendiri dan kau akan mendapat kenyataan bahwa semua kata-kataku benar belaka. Sekarang gunakanlah imanmu dan kuasailah hatimu kembali. Kau boleh pergi dan apa pun yang menjadi keputusanmu aku tidak melarang. Aku takkan mencampuri urusan orang muda, tetapi sewaktu-waktu kalau kau setuju dengan usulku tadi, kau boleh mencariku.”

Ang I Niocu lalu menghaturkan terima kasih dan mengundurkan diri lalu keluar dari gua itu diikuti pandangan mata Bu Pun Su yang menggeleng-gelengkan kepala, karena kakek ini diam-diam merasa kasihan sekali.

“Nafsu, nafsu… kau memang kejam dan suka mempermainkan hati orang muda!” katanya perlahan kepada asap putih yang mengepul di depannya.

Setelah keluar dari gua itu, diam-diam Ang I Niocu mengingat-ingat segala ucapan Bu Pun Su dan setelah berada di tempat terbuka hingga hawa sejuk mendinginkan kepalanya, ia merasa betapa tepat dan betulnya nasihat kakek itu.

Biarpun ia tidak diberi tahu, akan tetapi ia dapat menduga bahwa Cin Hai tentu telah turun gunung. Tentu saja ia tidak berani bertanya kepada Bu Pun Su tentang anak muda itu, setelah Bu Pun Su secara tepat dapat membongkar rahasia hatinya terhadap Cin Hai.

Ang I Niocu sama sekali tidak pernah menyangka bahwa Cin Hai baru beberapa hari yang lalu meninggalkan Gua Tengkorak itu. Ia hanya menyangka bahwa pemuda itu tentu kembali ke rumah bibinya, yaitu di Tiang-an, karena pemuda itu pernah menceritakan riwayatnya kepadanya. Oleh karena ini, secepatnya ia menuju ke Tiang-an untuk menyusul Cin Hai. Betapapun juga ia harus bertemu dengan pemuda itu, karena ia tak dapat menahan rindu hatinya lagi.

**** 035 ****





Tidak ada komentar :