*

*

Ads

Sabtu, 18 Mei 2019

Pendekar Bodoh Jilid 084

Dan pada saat ia melompat ke darat, datanglah Hek Pek Mo-ko, dan Pek Mo-ko lalu menyerangnya hingga terjadi pertempuran sengit yang kemudian disusul oleh datangnya Biauw Suthai dan Pek I Toanio dan yang mengeroyok Hek Pek Mo-ko.

Sebagaimana telah diketahui, akhirnya karena Kwee An ikut mencampuri pertempuran itu, Hek Mo-ko bertempur sendiri melawan Pek Mo-ko yang mengakibatkan tewasnya kedua orang Iblis Hitam dan Putih itu!

Kwee An dan Cin Hai merasa senang sekali mendengar bahwa Lin Lin dan Ma Hoa berada di bawah perlindungan Yousuf yang baik hati. Biarpun mereka tidak tahu ke mana perginya ketiga orang itu, namun mereka percaya bahwa kedua gadis itu tentu berada dalam keadaan selamat.

Sementara itu, Pulau Kim-san-to masih saja berkobar sampai dua hari dua malam! Cin Hai berkeras tidak mau meninggalkan pantai sebelum keadaan aman kembali dan ia berniat hendak menggunakan perahu mencari Ang I Niocu!

Semua orang tahu akan isi hati dan kehancuran kalbu pemuda ini, maka oleh karena mereka semua pun merasa kagum dan kasihan kepada Ang I Niocu, mereka juga menunggu di pantai sambil melihat ke arah pulau yang musnah dimakan api itu.

Pada hari ke tiga, padamlah api yang membakar seluruh Pulau Kim-san-to dan lenyaplah gelombang-gelombang besar yang diakibatkan oleh peristiwa mengerikan itu. Laut menjadi tenang kembali dan semua orang memandang ke arah pulau itu, hati mereka tertegun dan untuk beberapa lama tak seorang pun di antara mereka dapat mengeluarkan kata-kata.

Ternyata bahwa pulau yang tadinya menjulang dari permukaan laut dan pada malam hari nampak bagaikan sorga itu, kini telah lenyap sama sekali, bagaikan sepotong kue besar yang habis ditelan oleh mulut raksasa. Sedikit pun tak nampak bekas-bekasnya lagi.

Semua orang lalu mulai dengan usaha mereka mencari-cari, akan tetapi ke manakah mereka harus mencari Ang Niocu? Cin Hai sendiri lalu mempergunakan perahu kecil bersama Kwee An dan mendayung perahu itu ke tempat di mana tadinya terdapat pulau itu.

Mereka melihat banyak barang mengambang di permukaan air laut, orang besar kecil yang merupakan benda-benda hitam memenuhi air laut itu. Ketika mereka telah berputar-putar sehari lamanya dan orang-orang lain telah kembali ke pantai oleh karena telah berputus asa, tiba-tiba Cin Hai melihat sesuatu mengambang di air dan ia lalu menjerit dengan suara mengandung isak tangis.

“Niocu!”

Kemudian pemuda ini lalu melompat ke dalam air. Kwee An terkejut sekali dan mendayung perahunya mengejar Cin Hai yang berenang cepat ke depan. Ia melihat Cin Hai mengambil sesuatu dari permukaan air laut itu dan ketika dilihatnya, ternyata bahwa yang dipegang oleh Cin Hai adalah selembar kain berwarna merah.






Cin Hai sambil menangis berenang lagi ke perahu dan naik ke dalam perahu sambil memegang potongan kain merah itu erat-erat, lalu ia terduduk menangis dan menyembunyikan mukanya di dalam kain itu sambil mengeluh tiada hentinya.

“Niocu… Niocu…”

Kwee An teringat bahwa kain ini sama benar dengan kain pakaian yang biasa dipakai olen Ang I Niocu, maka ia menjadi amat terharu dan tak dapat berkata-kata apa kecuali menggunakan tangannya menepuk-nepuk Cin Hai.

“Kuatkanlah hatimu, Cin Hai… dan bolehkah aku mendayung perahu kembali ke pantai?”

Cin Hai tak dapat mengeluarkan suara, hanya mengangguk-angguk dengan muka masih tersembunyi ke dalam sobekan kain merah itu. Agaknya Ang I Niocu telah hancur tubuhnya karena ledakan dahsyat itu dan secara ajaib sekali sepotong pakaiannya telah terlempar dan terbawa hawa ledakan hingga jatuh di air dan tidak ikut terbakar.

Tentu saja Cin Hai menjadi sedih sekali oleh karena sobekan pakaian ini menjadi bukti nyata bahwa Gadis Baju Merah itu telah tewas dan hanya meninggalkan sesobek kain dari pakaiannya.

Nelayan Cengeng yang hampir sehari penuh berenang kian-kemari mencari-cari, juga tidak menemukan sesuatu dan sekarang telah berada di pantai dengan orang-orang lain.

Ketika mereka melihat kain merah yang ditemukan Cin Hai, mereka hanya dapat menghela napas saja, bahkan Pek I Toanio tak dapat menahan keharuan hatinya lalu berkata kepada Cin Hai.

“Jangan kau terus bersedih hati, karena itu tidak ada gunanya. Ang I Niocu agaknya telah tewas akan tetapi ia tewas sebagai seorang pendekar gagah perkasa dan boleh dibanggakan maka tak perlu kita terlalu menyedihi kematiannya. Bukankah kita semua ini kelak pun akan pergi ke tempat di mana dia mendahului kita? Lebih baik sekarang kita berusaha mencari di mana adanya Lin Lin dan Ma Hoa.”

Nelayan Cengeng yang diam-diam juga mengalirkan air mata tanda menangis itu lalu menggunakan ujung lengan bajunya yang basah karena air untuk mengusap pipinya sambil mengangguk-angguk.

“Benar ucapan Biauw Suthai. Marilah kita sekarang menyusul dan mencari kemana mendaratnya perahu Yousuf itu.”

Kata-kata ini memperingatkan Cin Hai bahwa Lin Lin masih hidup dan hal ini merupakan hiburan yang besar sekali. Ia lalu mempertahankan dan menguatkan hatinya, lalu memandang kepada mereka.

“Maafkanlah kelemahanku dan terima kasih kuucapkan kepada Cuwi sekalian yang telah begitu baik hati untuk ikut bersusah payah.”

Setelah mengadakan perundingan, maka diputuskan bahwa mereka akan terpecah menjadi tiga rombongan dalam usaha mereka mencari dua gadis itu. Kwee An hendak pergi bersama Cin Hai, Pek Toanio bersama gurunya dan Nelayan Cengeng pergi seorang diri. Tempat dimana perahu orang Turki itu mendarat belum diketahui maka mereka segera berpencar dan mulai mencari dan menyusul Lin Lin, Ma Hoa, dan Yousuf.

**** 084 ****





Tidak ada komentar :